New Normal: Langkah Tepat Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi?

  • Whatsapp
Ilustrasi.

Lantas apakah kebijakan new normal efektif untuk memulihkan ekonomi Indonesia?. Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Efektivitas new normal terhadap ekonomi tergantung bagaimana kesiapan pemerintah dalam menerapkan kebijakan ini. Di satu sisi, apabila pemerintah sudah melakukan perencanaan new normal dengan baik, maka aktivitas ekonomi nasional dipastikan akan kembali pulih dalam waktu dekat.

Namun disisi lain, jika pemerintah tidak merancang kebijakan new normal dengan baik, maka akan berpotensi munculnya gelombang kasus positif yang lebih besar dan akan kembali menurunkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Penerapan new normal ini memang sangat beresiko, ada potensi bangkitnya perekonomian Indonesia, namun juga ada risiko peningkatan jumlah kasus positif Covid-19. Pemerintah dinilai harus bisa merencanakan penerapan ini dengan baik dan meminimalisir resiko buruk terhadap penerapan new normal.

Jika new normal ini diterapkan, pemerintah juga harus bisa mencegah terjadinya lonjakan kasus seperti yang terjadi pada Korea Selatan. Second wave ini berpotensi terjadi kalau penerapan new normal nantinya tak memiliki perencanaan yang baik.

Penerapan new normal ini memang dinilai sebagai langkah tepat untuk memulihkan ekonomi Indonesia yang saat ini sedang terperosot. Dengan membuka kembali berbagai aktivitas manusia diharapkan bisa menjadi momentum untuk membangkitkan perekonomian Indonesia.

Related posts