Perdana, Kasus Positif Corona di Aceh Lima Dalam Satu Hari

  • Whatsapp
Ilustrasi, pasien corona. (foto: pojoksatu)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pasien positif virus corona (Covid-19) di Aceh terus bertambah, hari ini Minggu, 14 Juni 2020 lima kasus baru terkonfirmasi positif. Penambahan ini merupakan jumlah kasus terbanyak di Aceh dalam satu hari.

Kelima pasien tersebut empat berasal dari Kota Lhokseumawe dan satu dari Aceh Utara. Kelimanya berinisial JH (16), MA (7), RS (63), MH (14) dan YI (13). Kelimanya merupakan anak, saudara ipar dan mertua dari pasien pasangan DL (41) dan MS (42) yang sebelumnya positif corona.

“Kelima kasus baru Covid-19 terdiri dari anak, saudara ipar, dan mertua dari suami-istri, MS dan DL, yang sedang diisolasi di RSUD Cut Mutia (RSUCM), Lhokseumawe,” kata Jubir Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani saat dikonfirmasi.

Saifullah menjelaskan MS dan DL merupakan OTG (Orang Tanpa Gejala) yang memiliki riwayat perjalanan dari Medan, Sumatera Utara. Pasangan ini diketahui positif Covid-19 berawal dari rapid test mandiri dan reaktif virus. Karena itu, dilanjutkan swab lendir tenggorokan dan hidungnya.

Hasil pemeriksaan swab dengan real time polymerase chain reaktion (RT-PCR), Laboratorium Fakultas Kedokteran, Usyiah, diketahui pasangan itu positif Covid-19, pada 19 Juni 2020 lalu.

Baca: Hasil Swab, 5 Orang Terkonfirmasi Positif Corona di Lhokseumawe

Kemudian tim Suveilens Gugus Tugas Covid-19 mengambil swab 23 orang, yang memiliki kontak langsung dengan MS atau DL, anggota keluarga dan teman dekatnya, pada 12 Juni 2020, dan dikirim ke Balai Litbangkes Aceh, di Lambaro, Aceh Besar.

“Hasil pemeriksaan RT-PCR ternyata 5 orang konfirmasi positif Covid-19, dan kelimanya memiliki hubungan keluarga dengan pasangan suami-istri tersebut,” ucapnya.

Hingga kini, secara kumulatif jumlah pasien positif corona di Aceh berjumlah 27 orang. Dengan rincian, 19 sembuh, 7 di rawat di rumah sakit rujukan dan satu meninggal dunia pada Maret 2020 lalu. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pasien positif corona di Aceh terus bertambah. Hari ini, Minggu (14/6) ada lima orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif corona, lewat swab test. Kelima tersebut berasal dari Lhokseumawe. Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif membenarkan adanya penambahan pasien positif lewat Lab PCR di Aceh sebanyak 5 orang. “Iya benar. Tadi malam hasilnya keluar,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan. “(Pasien) dari Lhokseumawe,” katanya lagi. Hingga berita ini dibuat, tim gugus tugas Covid-19 Aceh masih melakukan pendataan terhadap pasien yang terkonfirmasi positif tersebut. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #hasilswab #pasien #positifcorona #pcr #negatif #psbb #kasuscorona #cegahcorona #zonamerah

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts