Hasil Swab, 4 Tenaga Medis di RSUZA Positif Corona

ilustarsi, pasien di rawat di rumah sakit. (Foto: Pontas.id)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Empat tenaga medis di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh terkonfirmasi positif corona (Covid-19). Diduga mereka terpapar dari pasien yang berinisial SUK (63), yang meninggal beberapa hari lalu.

Direktur RSUZA, Azharuddin membenarkan adanya tenaga medis yang terkonfirmasi positif corona. Kata dia, mereka tertular dari pasien positif yang dirawat beberapa waktu lalu.

“Iya benar (ada empat tenaga medis positif corona),” kata Azharuddin singkat, Minggu (21/6).

Ads

Baca: Warga yang Positif Corona Bertambah 10 di Aceh

Petugas medis yang pernah kontak dengan almarhum pasien positif yang meninggal itu, juga dilakukan tes swab.

“Semua petugas yang terpapar dengan almarhum yang positif, wajib di uji swab,” kata dia lagi.

Sebelumnya, pasien SUK (63) yang meninggal dunia saat dalam perawatan Tim Medis RSUDZA Banda Aceh merupakan warga Brandan Barat, Sumatera Utara. Bedasarkan informasi dari tim surveilans Gugus Tugas Covid-19, SUK berkunjung ke rumah anaknya di kawasan Lambaro, Aceh Besar. Ia tiba pada 12 Juni 2020.

Pada 16 Juni 2020 ia mengeluh sakit dan pihak keluarga membawanya ke Rumah Sakit Pertamedika. Tim Medis Pertamedika memutuskan merujuk Suk ke RSUDZA pada hari itu juga. Setiba di RSUDZA, tim medis menemukan gejala pneumonia dan penyakit penyerta lainnya, karena itu diambil swab tenggorokan dan hidung pada 16 Juni 2020, dan hasil pemeriksaan dengan RT-PCR terkonfirmasi Suk positif Covid-19.

Tim Medis Respiratory Intensive Care Unit (RICU) RSUDZA Banda Aceh berusaha keras merawat Suk, sesuai prosedur medis penanganan pasien Covid-19, untuk kesembuhannya.

Namun ikhtiar tim medis selesai ketika Allah SWT memberikan yang terbaik kepada hamba-Nya. Suk menghembuskan nafas terakhirnya saat dalam penanganan medis pada 17 Juni 2020, sekira pukul 11.00 WIB, dan telah dimakamkan sesuai protokol kesehatan.

Secara kumulatif pasien positif corona di Aceh menjadi 49. Dengan rincian, 20 sembuh, 27 dirawat di rumah sakit rujukan dan dua meninggal dunia. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pria keturunan Tionghoa yang awalnya beragama Budha, Ricardo (20), warga Lam Ara Kota Banda Aceh, resmi memeluk agama islam, pada Jumat (19/6). Pengucapan dua kalimat syahadat itu berlangsung di masjid Baiturrahim Ulee Lheue. Yang turut disaksikan puluhan jamaah shalat Jumat di masjid Baiturrahim. Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, Ricardo kini diberi nama islam yakni Rizky Hidayat. Ia mengatakan, niatnya menjadi seorang muallaf itu atas kesadaran sendiri dan tidak ada rayuan maupun paksaan dari orang lain. “Tulus dari hati saya sendiri, ikhlas karena Allah,” kata Rizky kepada wartawan. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #pemuda #tionghoa #masukislam #mualaf #hidayah #islam #islamindah #kalimatsyahadat

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads