Bertambah 27, Pasien Positif Corona di Aceh Melonjak jadi 137 Kasus

ilustarsi, pasien di rawat di rumah sakit. (Foto: Pontas.id)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kasus pasien positif corona di Aceh meningkat tajam. Hari ini, Rabu, 15 Juli 2020, warga yang terkonfirmasi positif mencapai 27 orang. Sebagian merupakan tenaga medis di rumah sakit di Banda Aceh.

Sehingga secara kumulatif pasien positif corona di Aceh sudah 137 orang.  Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dalam satu hari yang terjadi di Aceh. Sebelumnya pada pertengahan Juni lalu, ada 13 pasien yang terkonfirmasi positif.

Adapun 27 pasien tersebut berasal dari Aceh Besar 17 orang, Bireuen 1, Banda Aceh 7, Lhokseumawe 1, dan luar daerah 1.

Ads

Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Endang Mutiawati membenarkan adanya penambahan 27 kasus.

Kata Endang, satu diantaranya dokter di Instalasi Gawat Darurat, satu dokter yang yang sedang ikut program pendidikan dokter spesialis (PPDS) paru dan satu perawat di rumah sakit pelat merah tersebut.

“Iya benar ada penambahan. Di RSUZA dua dokter dan satu perawat,” kata Endang saat dikonfirmasi.

Meski begitu pihaknya sudah melakukan sterilisasi di ruang yang ditempati oleh dua dokter yang positif corona di RSUZA.

Dengan bertambahnya 27 kasus, secara kumulatif jumlah pasien positif corona di Aceh 137 orang. Dengan rincian, 64 sembuh, 65 dirawat di rumah sakit rujukan dan 7 orang meninggal dunia. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Sabang (KANALACEH.COM) – Satu orang warga Sabang kembali terkonfirmasi positif COVID-19. Pasien ini merupakan kasus kedua di Kota Sabang yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Kepala Bagian Umum dan Humas Pemerintah Kota Sabang, Bahrul Fikri mengatakan bahwa pasien kedua di Sabang ini berinisial NII (40), yang berprofesi sebagai perawat di Puskesmas Balohan Kota Sabang. “Iya satu orang warga kita terkonfirmasi positif COVID-19. Ini kasus kedua di Kota Sabang,” kata Bahrul, Selasa (14/7). Bahrul menjelaskan, pasien NII (40) berdomisili di Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. NII (40) dinyatakan positif dari hasil uji swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Balai Litbangkes Aceh. Hasil uji sampel swab NII (40) yang pertama dinyatakan negatif COVID-19, namun baru pada hasil uji swab yang kedua, NII (40) dinyatakan positif terinfeksi virus corona. “Prosedurnya memang harus diambil swab dua kali dan setelah 14 hari dari hasil swab yang pertama, swab NII (40) yang kedua kalinya menunjukkan hasilnya positif COVID-19,” kata Bahrul. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #perawat #timmedis #corona #imbascorona #menular #virus #positif #antisipasi #swabtes

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on