Kasus COVID-19 di Indonesia Lampaui China

ilustarsi, pasien di rawat di rumah sakit. (Foto: Pontas.id)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kasus corona di Tanah Air, semakin hari semakin bertambah. Data per hari ini Minggu 19 Juli 2020, kasus corona mengalami penambahan kasus positif sebanyak 1.639 kasus.

Juru Bicara Khusus Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan, data akumulasi dari sejak munculnya kasus corona di Indonesia awal Maret sampai dengan hari ini, total ada 86.521 kasus di Indonesia. Dari jumlah tersebut, tercatat sebanyak 45.401 orang berhasil sembuh sampai saat ini.

Sementara untuk kasus meninggal, per hari ini terdapat penambahan kasus sebanyak 127 orang. Total sejak pertama kasus ditemukan sampai dengan hari ini pasien meninggal menjadi 4.143 orang.

Ads

Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan, karena jumlah kasus positif menembus angka lebih dari 85 ribu kasus. Bahkan, kasus positif di Indonesia, saat ini telah melampaui jumlah pasien positif di China, yang merupakan negara asal dari virus corona.

Berdasarkan data Worldometers jumlah pasien positif corona di China hingga hari ini berjumlah 83.660 pasien. Jumlah pasien positif corona di Indonesia lebih banyak 2.861 daripada di China.

Jumlah pasien sembuh di Indonesia pun lebih rendah dari China. Untuk Indonesia, akumulasi pasien COVID-19 sembuh sampai dengan saat ini 45.401 pasien. Sementara di China, angka kesembuhan pasien mencapai 78.775 pasien.

Sedangkan angka kematian terkait corona di China berkisar 6 persen yakni 4.634 pasien. Sedangkan angka kematian akibat corona di Indonesia berjumlah 4.143 orang.

Di Asia, negara terbanyak kasus COVID-19 masih dipegang India dengan 1.040.948 kasus. [VIVA]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seorang pasien positif corona (Covid-19) di RSUZA asal Aceh Besar berjenis kelamin perempuan (73) meninggal dunia tadi sore, Sabtu (18/7). Juru Bicara Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani—akrab disapa SAG membenarkan adanya pasien corona meninggal di RSUZA. Namun pihak keluarga berkeberatan di-fardu kifayah-kan sesuai Protokol Kesehatan. “Tim Gugus Tugas Covid-19 RSUZA sedang bermusyawarah dengan pihak keluarga, semoga fardu kifayah dapat dilaksanakan di rumah sakit,” ujar SAG. SAG menjelaskan, Kasus 146 Covid-19 Aceh itu, perempuan (73), warga Aceh Besar. Keterangan dari Koordinator Tim Pelayanan Penyakit Infeksi Emerging RSUZA, dr Novina Rahmawati pasien tiba pada pukul 14.30 WIB. Hasil foto dada menunjukkan viral load sangat tinggi, dan hasil Tes Cepat Molekuler (TCM) juga positif Covid-19. “TCM itu seperti real time polymerase chain reaction (RT-PCR) juga. Yang diperiksa virus dalam cairan nasofaring dan orofaring juga,” kata SAG. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #rsuza #ruangisolasi #pasiencorona #positif #meninggaldunia #pcr #perawatan #medis #imbascorona

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on