Gempa 5,4 SR Guncang Nagan Raya

beritabintang.com
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gempa dengan magnitudo 5,4 terjadi di Kabupaten Nagan Raya, pada Senin (14/9/2020) sekira pukul 01.28 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hal itu sebagaimana diinformasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Lokasi gempa berada di titik koordinat 4,19 Lintang Utara (LU), 96,70 Bujur Timur (BT).

Lokasi gempa tersebut berjarak 43 km dari arah tenggara raya. Gempa tersebut berpusat di darat, tepatnya di kedalaman 125 km.

Ads

“#Gempa Mag:5.4, 14-Sep-20 01:28:53 WIB, Lok:4.19 LU, 96.70 BT (Pusat gempa berada di darat 43 km Tenggara Kab Naganraya), Kedlmn:125 Km Dirasakan (MMI) II Gunung Sitoli #BMKG,” seperti yang dilansir situs resmi BMKG.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,0.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata dia, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ),” sebut Djati dalam keterangannya.

Ia menyebutkan, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Lamno Aceh Jaya Gunung Sitoli. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. [Randi]