27.9 C
Banda Aceh

Abrasi Sungai Krueng Babahrot Ancam Perkebunan Warga

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Puluhan hektare kebun sawit milik warga di sepanjang pesisir krueng Babahrot atau tepatnya di gampong Blang Dalam Aceh Barat Daya (Abdya) terancam akibat abrasi.

Bahkan sebagian malah sudah terbawa sungai karena tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini di wilayah itu.

Anggota DPRK Abdya Zulfan atau yang akrab disapa Awenk, mengatakan kondisi ini sangat mengkhawatirkan. Akibat abrasi tersebut, lahan perkebunan warga rusak hingga beberapa yang berada di kawasan tepi sungai.

- Advertisement -

Ia menjelaskan, dalam beberapa bulan ini kondisi cuaca di Abdya tidak menentu yang berakibat buruk bagi daerah tepian khususnya di desa Blang Dalam.

Ia meminta pemerintah segera mencari solusi agar abrasi ini tidak meluas yang menyebabkan bertambahnya kerugian masyarakat.

Penyebab abrasi ini dikarenakan alur sungai berkelok kelok. Sehingga ketika banjir perkebunan masyarakat ini dihantam banjir. Sekarang, kebun ini kurang lebih 2 hektare telah dibawa air.

“Ini kan sayang, karena sebagian masyarakat didaerah itu mata pencahariannya berkebun, jadi mereka tidak ada lagi pendapatan,” katanya, Jumat (27/11).

Menurutnya, jika kondisi ini tidak segera diatasi maka akan terjadi abrasi besar karna arusnya sangat kuat. Masyarakat setempat berharap sungai itu harus diluruskan agar tidak terbawa arus lagi.

Sementara itu kepala dinas Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya Amiruddin mengatakan, pihaknya akan turun kelokasi dan di upayakan pembangunannya akan dilaksanakan tahun 2021.

“Senin nanti kita kelokasi karna itu tugas BPBK untuk cek dulu,” katanya. [Jimi Pratama]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru

spot_img