KMP Teluk Singkil Stop Beroperasi

KMP Teluk Singkil. (twitter)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Kapal Motor Penumpang (KMP) Teluk Singkil yang melayani penumpang trayek Pelabuhan Singkil–Pulau Banyak berhenti beroperasi sejak sepekan. Pemberitahuan ini disampaikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Singkil.

Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Singkil, Andi M Harun menyebut KMP Teluk Singkil saat ini tidak memiliki lintasan pelayaran. Penyebabnya adalah KMP Teluk Singkil sudah habis kontrak pelayarannya pada 31 Desember 2020.

“PT ASDP kalah lelang tender untuk melanjutkan kembali kontrak pelayaran,” ujar Andi M Harun saat dijumpai di Kantor Pelabuhan Singkil, Kamis 7 Januari 2022.

Selain rute pelayaran Singkil-Pulau Banyak, KMP Teluk Singkil juga melayani rute pelayaran Singkil-Gunung Sitoli. “Semua terhenti,” ungkapnya.

Sebagai gantinya, rute pelayaran Singkil-Pulau Banyak akan diambil alih oleh Kapal Aceh Hebat 3 milik Pemprov Aceh. Namun cukup disayangkan, sejak sepekan tiba di Singkil, izin operasional KMP Aceh Hebat 3 belum rampung. “Aceh Hebat 3 masih menunggu izin operasi,” lanjut Harun.

Sementara rute pelayaran Singkil-Gunung Sitoli akan diambil alih oleh KM Wira Mutiara Sibolga dibawah naungan perusahaan swasta PT Wira Mutiara Sibolga sebagai pemenang tender. “KM Wira Mutiara Sibolga pada Kamis pagi tadi sudah bersandar di Pelabuhan Singkil,” katanya.

Adapun nasib KMP Teluk Singkil, ungkap Harun akan diusulkan berlayar ke rute Singkil-Sinabang untuk diperbantukan menambah jadwal pelayaran KMP Labuhan Haji yang sebelumnya telah terlebih dahulu ada.

Bagi Masyarakat yang hendak menuju ke Pulau Banyak atau sebaliknya sembari menunggu izin operasi Kapal Aceh Hebat 3 keluar, dapat memanfaatkan kapal tradisional nelayan. (Khdfi)

Related posts