Sabang-USK Kerjasama Pengembangan Sektor Kelautan dan Pariwisata

Wisata Gua Sarang terletak di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang dan Universitas Syiah Kuala (USK) menjalin kerjasama dalam upaya pengembangan di bidang kelautan dan perikanan serta sektor pariwisata.

Kepala Bappeda Kota Sabang Faisal Azwar, Jumat, mengatakan Rektor USK Prof Samsul Rizal telah mengunjungi daerah Pulau Weh itu beberapa waktu lalu, sebagai langkah tindaklanjut dari kerjasama dengan Pemko Sabang tentang perincian dan pengembangan Sabang di bidang kelautan, perikanan, dan pariwisata.

“Target program tersebut sebenarnya sudah berjalan, pak rektor berkunjung untuk mendapatkan gambaran lebih jelas dan melihat secara langsung,” kata Faisal, Jumat (15/1).

Dia melanjutkan, kunjungan rektor USK itu juga untuk menguatkan langkah-langkah kerjasama kedepannya. Termasuk usulan dari rektor terhadap rencana pembangunan Politeknik Kelautan dan Perikanan di Sabang yang akan difasilitasi USK.

Selanjutnya, kata Faisal, rektor USK juga membahas tentang kelanjutan pembangunan laboratorium oceanografi bersama LIPI di Krueng Raya, laboratorium Kelautan dan Perikanan USK di Paya, pemanfaatan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT), pembangunan Politeknik Kelautan dan Perikanan serta Pengembangan Agro-eco-Eduwisata Atsiri (Bino Park & Garden) di Bango.

Atas kerjasama itu, lanjut Faisal, Pemko berharap semua sumber daya alam dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan Kota Sabang, sekaligus dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat pulau paling ujung barat Indonesia itu.

“Selain hubungan kerjasama antara Pemko Sabang dan pihak USK yang sudah terjalin dengan baik selama ini, semua potensi yang ada di Kota Sabang juga harus didayagunakan dengan sebaik-baiknya serta diharapkan masyarakat mendapatkan nilai tambah dari segi ekonomi,” ujarnya.

Related posts