Tingkat Kepatuhan Sekolah di Aceh Singkil Terhadap Prokes Masih Rendah

  • Whatsapp

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Aceh Singkil, Khalilullah mengatakan tingkat kepatuhan sekolah terhadap protokol kesehatan (prokes) masih rendah.

Hal itu diketahui setelah satu bulan berjalan sekolah tatap muka di wilayahnya.

Ia bersama jajaran di Dinas Pendidikan dan Kebudayan telah melakukan monitoring ke sekolah-sekolah guna mengecek langsung penerapan prokes, hasilnya tingkat kepatuhan guru dan siswa terhadap prokes masih rendah.

“Kami sudah monev, Kabid, Kasie dan saya juga menemukan langsung tingkat kepatuhan untuk melaksanakan prokes memang rendah. Karena memang di masyarakat pun demikian,” ungkap Khalill saat berbincang di Ofroom Kantor Bupati setempat, Jumat 5 Februari 2021.

Khalil mengungkapkan jika dirinya juga menjumpai guru yang sejak dari rumah hendak mengajar, tidak memakai masker.

“Saya sengaja keliling ke sekolah-sekolah tanpa memberi tahu terlebih dahulu, memang banyak sekali saya jumpai baik di SD maupun SMP. Guru saja sejak dari rumah tak pakai masker,”

Ia langsung menegur guru yang bersangkutan. Terhadap kepala sekolahnya dipanggil dan diperingatkan agar lebih memperhatikan guru yang tidak patuh prokes.

Kendati demikian, Dirinya tidak menyalahkan siapapun terkait rendahnya kepatuhan prokes di lingkungan sekolah. Khalil berharap agar ketika masuk dilingkungan sekolah, baik guru dan siswa agar patuhi prokes.

“Paling tidak setelah masuk pintu gerbang sekolah, tersedia tempat cuci tangan, cek suhu dan menggunakan masker. Kalau tidak pakai masker, jika masih ada jatah dari sekolah, mohon sekolah sediakan,” ungkapnya.

Meski sejak bergulirnya sekolah tatap muka tidak ditemukan kasus positif Covid-19 di sekolah, Khalil mengingatkan kepada sekolah agar jangan lengah dan terus meningkatkan protokol kesehatan. (Khdfi)

Related posts