Nisan Ulama Kerajaan Aceh Ditemukan di Proyek Jalan Tol

Sejumlah batu nisan diduga makam Kerajaan Aceh ditemukan di area proyek pembangunan jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di Gerbang Tol Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Aceh, Rabu, 10 Februari 2021. (Foto:Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Nisan makam ulama era Kesultanan Aceh Darussalam ditemukan di kawasan pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) tepatnya di gerbang tol Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar.

Nisan itu terletak di lokasi proyek pelebaran jalan masuk pintu tol. Nisan tersebut berbentuk bulat dan ada yang silendris jumlahnya puluhan di satu titik. Diyakini sudah ada sejak abad ke 18 akhir, atau pada masa akhir Kesultanan Aceh Darussalam.

Sejarawan Aceh dari Universitas Syiah Kuala, Husaini Ibrahim mengatakan, dari tipe, bentuk dan corak batu nisan, itu merupakan makam ulama pada era Kesultanan Aceh pada abad ke 18 akhir.

Baca: FOTO| Nisan Ulama Kerajaan Aceh di Proyek Jalan Tol

“Itu tipe batu nisan Aceh. Lebih kepada batu nisan silendris, itu masuk tipe yang ketiga berkisar ke abad 18 akhir. Kalau kita lihat model-model itu, makam ulama,” kata Husaini saat dikonfirmasi, Rabu (10/2).

Husaini menjelaskan dari nisan itu tidak ada informasi ataupun tulisan. Hal itu diperkuat karena zaman era Kesultanan Aceh Darussalam, nisan ulama polos dan tanpa tulisan. Berbeda dengan nisan kerajaan yang memiliki informasi berbentuk tulisan-tulisan.

“Saya melihat itu tidak ada informasi ataupun tulisan. Karena batu nisan ulama saat itu polos berbentuk bulat tanpa ada tulisan. Itu masuk bagian akhir Kerajaan Aceh Darussalam,” ujarnya.

Pihaknya sebelum penemuan itu sudah pernah menyampaikan ke pihak balai pelaksanaan jalan nasional (BPJN) untuk menghindari pembangunan di lokasi makam di kawasan tersebut.

“Dari penemuan itu, kewajiban mereka harus melakukan pelestarian, tapi kita masih menunggu yang penting sudah kita konfirmasi,” katanya.

Related posts