27.8 C
Banda Aceh

Nisan Ulama Kerajaan Aceh Ditemukan di Proyek Jalan Tol

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Nisan makam ulama era Kesultanan Aceh Darussalam ditemukan di kawasan pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) tepatnya di gerbang tol Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar.

Nisan itu terletak di lokasi proyek pelebaran jalan masuk pintu tol. Nisan tersebut berbentuk bulat dan ada yang silendris jumlahnya puluhan di satu titik. Diyakini sudah ada sejak abad ke 18 akhir, atau pada masa akhir Kesultanan Aceh Darussalam.

Sejarawan Aceh dari Universitas Syiah Kuala, Husaini Ibrahim mengatakan, dari tipe, bentuk dan corak batu nisan, itu merupakan makam ulama pada era Kesultanan Aceh pada abad ke 18 akhir.

- Advertisement -

Baca: FOTO| Nisan Ulama Kerajaan Aceh di Proyek Jalan Tol

“Itu tipe batu nisan Aceh. Lebih kepada batu nisan silendris, itu masuk tipe yang ketiga berkisar ke abad 18 akhir. Kalau kita lihat model-model itu, makam ulama,” kata Husaini saat dikonfirmasi, Rabu (10/2).

Husaini menjelaskan dari nisan itu tidak ada informasi ataupun tulisan. Hal itu diperkuat karena zaman era Kesultanan Aceh Darussalam, nisan ulama polos dan tanpa tulisan. Berbeda dengan nisan kerajaan yang memiliki informasi berbentuk tulisan-tulisan.

“Saya melihat itu tidak ada informasi ataupun tulisan. Karena batu nisan ulama saat itu polos berbentuk bulat tanpa ada tulisan. Itu masuk bagian akhir Kerajaan Aceh Darussalam,” ujarnya.

Pihaknya sebelum penemuan itu sudah pernah menyampaikan ke pihak balai pelaksanaan jalan nasional (BPJN) untuk menghindari pembangunan di lokasi makam di kawasan tersebut.

“Dari penemuan itu, kewajiban mereka harus melakukan pelestarian, tapi kita masih menunggu yang penting sudah kita konfirmasi,” katanya.


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Pria di Aceh Utara Mengamuk Tembak dan Aniaya IRT, Lalu Kabur

Aceh Utara (KANALACEH.COM) - Seorang pria di Gampong Alue Lhok Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara mengamuk dan menembak seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama...

Jampidsus Dapat Mandat Mahfud Untuk Usut Dana Otsus Aceh

Jakarta (KANALACEH.COM) - Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Ali Mukartono mengatakan aparat penegak hukum di Indonesia akan mulai mendalami penggunaan dana otonomi khusus...

10 cara menghilangkan rasa malu

(KANALACEH.COM) - Rasa malu biasa muncul ketika kita berada di lingkungan yang baru atau ketika kita sedang berada di keramaian. Sebenarnya rasa pemalu adalah...

Inilah 5 Syarat Menikahi Polwan Yang Harus Anda Ketahui

Kanal Aceh - Menikah memang harus melewati proses saling mengenal yang tidak bisa dianggap remeh. Baik dari sisi pria maupun wanita. Dari sisi Pria...

Berita Terbaru