Capaian Vaksinasi Covid-19 Aceh Singkil 96,9 Persen

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Capaian vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang ditujukan kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) di Aceh Singkil telah menyentuh 96,9 persen.

Dinas Kesehatan Aceh Singkil telah menyelesaikan vaksinasi tahap pertama selama 8 hari dari tanggal 10 – 19 Februari 2021.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Aceh Singkil M Raja Maringin mengungkapkan, berdasarkan data dari puskesmas, ada 957 sasaran Nakes yang mendapat vaksin tahap pertama termin pertama.

“Yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 927 orang,” kata Raja Maringin saat dikonfirmasi di Kantor Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Senin 22 Februari 2021.

Dinas Kesehatan Aceh Singkil sebelumnya telah menerima 934 dosis vaksin Covid-19. Namun, pada saat digunakan sebanyak 7 dosis vaksin rusak karena speknya begitu ditarik, terlepas.

Dari 927 dosis vaksin yang telah disuntikkan pada launching 10 Februari 2021 lalu di RSUD, 10 dosis diantaranya disuntikkan terhadap 10 pejabat pemerintah daerah.

Raja menyebut, idealnya rentang waktu pemberian dosis pertama, tidak kurang dari dua minggu. Dosis pertama pada tanggal 10 Februari, idealnya dosis kedua akan disuntukan pada 24 Februari.

“Dari dosis pertama ke dosis kedua seandainya lebih dari dua minggu, tetap diperbolehkan karena masih efektif, yang penting masih satu bulan. Jadi masih dapat membentuk kekebalan dalam tubuh seseorang vaksin yang disuntik vaksin,” katanya.

Untuk itu, dosis pertama termin kedua vaksin Covid-19 kata Raja baru dikirim oleh Dinas Kesehatan Provinsi pada esok hari menuju ke kabupaten/kota di pantai barat selatan Aceh, termasuk ke Aceh Singkil.

Selain itu, Raja menyebutkan sedikit kendala yang dihadapi dalam vaksinasi tahap pertama ini yakni, pemahaman pentingnya vaksin Covid-19 bagi Nakes.

“Yang perlu dan ini menjadi tugas Nakes adalah pemahaman bahwa vaksin ini aman dan halal,” tegas Raja.

Raja juga mengungkapkan, pihaknya tidak tahu persis kapan vaksinasi tahap kedua dilaksanakan, mengingat masih ada 444 Nakes yang tertunda belum disuntik vaksin tahap pertama. (Khdf)

Related posts