Polda Aceh Temukan 80 Persen Ciri-ciri Fisik Polisi yang Hilang Saat Tsunami Aceh

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Polda Aceh mengkonfirmasi sekitar 80 persen ciri-ciri fisik seorang pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh sama dengan oknum polisi Bharaka Zainal Abidin alias Asep yang hilang saat tsunami melanda Aceh 2004 silam.

Ciri-ciri tersebut didapat setelah Polda Aceh berkoordinasi dengan keluarga Polisi Asep. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan, ciri-ciri fisik sudah dilakukan pemeriksaan, dan hasilnya 80 persen sama.

“Iya 80 persen sama,” kata Winardy saat dikonfirmasi Jumat (19/3).

Adapun ciri-ciri fisik yang sama dengan pasien RSJ tersebut, kata Winardy, yaitu tinggi badan, luka jahit di pelipis kiri, tanda khusus di telinga kanan dan lesung pipi kanan dan kiri.

“Ada empat ciri-ciri fisik Polisi Asep, tinggi badan, luka jahit di pelipis kiri, tanda khusus di telinga kanan, lesung pipi kanan dan kiri,” ucapnya.

Namun, untuk memastikan keaslian Asep, maka pihaknya tetap menunggu hasil tes DNA yang telah dilakukan pada Kamis (18/3/2021) kemarin.

Ia juga belum memastikan kapan keluarga Asep akan tiba di Aceh untuk melihat secara langsung pasien yang berada di RSJ tersebut. “Kita belum dapat info kapan keluarga Asep tiba di Aceh,” kata Winardy.

Sebelumnya, pria diduga mantan anggota Polri yang dinyatakan hilang saat tsunami melanda Aceh 2004 silam ditemukan di Rumah Sakit Jiwa Aceh.

Pria itu disebut sebagai anggota Brimob BKO dari Resimen II Kedung Halang Bogor ke Polda Aceh saat konflik masih berlangsung pada 2004 lalu.

Informasi itu beredar sejumlah media sosial yang menautkan foto masa polisi yang bernama Asep dengan pangkat Abripda berpakaian lengkap dengan kondisinya saat ini di RSJ Aceh.

Untuk memastikan itu, Polda Aceh butuh waktu dua minggu untuk memastikan keaslian Polisi Asep. Polda Aceh juga sudah mengirim data-datanya ke laboratorium di Jakarta.

Related posts