Jamaah Shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid Raya Baiturrahman Membludak

Jamaah shalat idul fitri 1442 H di Masjid Raya Baiturrahman. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Warga yang menunaikan ibadah Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh membludak. Mereka rela shalat diatas rerumputan untuk bisa beribadah.

Pantauan dilokasi aparat kepolisian bahkan menutup akses jalan menuju Masjid Raya Baiturrahman, yang digunakan untuk menampung kendaraan jamaah.

Sementara untuk masuk ke dalam masjid dijaga ketat oleh aparat TNI-Polri dan Satpol PP. Mereka juga memberikan masker kepada warga yang datang tidak menggunakan masker.

Para jamaah juga diarahkan untuk mencuci tangan di wastafel portable sebelum masuk halaman masjid. Namun, tetap masih banyak warga yang mengabaikan anjuran untuk mencuci tangan.

Pelaksanaan salat Idul Fitri juga tidak menerapkan jarak antarsaf. Saf jamaah yang berada di halaman masjid rapat seperti biasa.

Sementara durasi khutbah shalat Id dipersingkat hanya 15 menit. Dalam pelaksanaannya yang bertindak menjadi khatib yaitu Abrar Zym dan z Imam shalat Id Tgk H Jamhuri Ramli.

Sekitar pukul 08:00 WIB pelaksanaan shalat id di masjid yang mampu menampung 25 ribu jamaah itu selesai, terlihat warga banyak yang masih bertahan di pekarangan masjid untuk sekedar silaturahmi dan berswafoto.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Dr. EMK Alidar S.Ag, M.Hum, mengatakan, masyarakat yang melaksanakan shalat Id di masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh harus mengikuti beberapa ketentuan yang telah ditentukan oleh Pemerintah Aceh.

Sedangkan dalam pelaksanaan shalat Id para jamaah diminta untuk tetap menjaga jarak didalam shaf antara satu jamaah dengan jamaah lainnya.

“Bagi jamaah yang mengikuti protokol kesehatan kami persilahkan shalat di dalam masjid, namun bagi yang tidak menggunakan masker dapat melaksanakan shalat Id di pekarangan masjid dan tidak diperbolehkan masuk ke dalam masjid,” kata Alidar.

Related posts