Ribuan Lalat Peternakan Serbu Sejumlah Gampong di Kuala Batee

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Wabah lalat peternakan serbu delapan Desa di Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya). Wabah yang sudah menyerang sejak beberapa pekan itu membuat warga resah. Mereka khawatir lalat bisa membawa bakteri yang menyebabkan terserang penyakit tertentu. Senin (17/5)

Syamsuddin Ismail mengatakan jumlah lalat sangat banyak dan hinggap di pekarangan halaman belakang bahkan sampai masuk dalam rumah warga.

“Ngeri melihatnya, kalau berkerumun tampak menghitam karena banyak sekali,” kata warga setempat.

Syamsuddin, menyebutkan penyebab banyak lalat berasal dari tempat usaha peternakan ayam milik perusahaan Pokphand.

“Kita sudah tidak nyaman lagi. Seharusnya pihak yang bertanggung jawab harus tahu efek dari usahanya. Jangan sampai mengambil keutungan diatas penderita masyarakat”. Sebutnya

Sementara itu kepala Dinas Kesehatan Abdya Safliati menyebutkan, terkait lalat itu belum pernah ada laporan dari masyarakat. Meskipun ada, efek yang ditibulkan oleh lalat ini bisa menyebabkan penyakit yang serius.

“Nanti kita akan turunkan tim petugas kesehatan lingkungan (kesling). Kita minta mereka untuk kembali serta mencari dari mana sumber lalat tersebut dan mungkin bisa jadi ini menjadi pengaruh cuaca”. Katanya

Salain itu nanti dirinya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait untuk mengatasi lalat itu.

“Nanti juga saya laporkan Dinas Pertanian dan Peternakan, biar ada solusi yang tepat,”.

 

Related posts