Dinas Kesehatan Aceh Singkil Targetkan Vaksinasi Covid-19 Massal Guru

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Proses vaksinasi Covid-19 terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil. Kali ini vaksinasi menyasar tenaga pendidik atau guru diwilayah tersebut.

Juru Bicara Vaksinasi Dinas Kesehatan Aceh Singkil M Raja Maringin mengatakan vaksinasi pada tahap 2 termin 4 menyasar lansia (lanjut usia) dan tenaga pendidik.

Dari 860 dosis, telah disuntikkan sebanyak 535 dosis. Namun dari 535 dosis, Ia tidak mengetahui angka pastinya berapa guru yang disuntik vaksin Covid-19.

“Untuk guru, angka pastinya belum dapat dihimpun,” kata Maringin yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan saat dihubungi, Kamis 27 Mei 2021.

Kendati demikian, Ia mengungkapan rendahnya vaksinasi guru dengan alasan klasik seperti sakit. Padahal lanjutanya, baiknya guru ini datang terlebih dahulu ke puskesmas, nantinya akan discreening terlebih dahulu sebelum divaksin, apakah bisa disuntikkan atau tidak.

Guna mengejar target vaksinasi terhadap guru, Dinas Kesehatan berencana, pada pertengahan bulan Juni mendatang akan membuat vaksinasi Covid-19 massal gotong royong profesi guru.

“Namun demikian, hal ini juga berkaitan dengan ketersediaan budgeting dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi,”

Koordinasi terhadap Dinas Pendidikan dan kepala sekolah nantinya akan diperkuat agar vaksinasi lebih maksimal.

Profesi guru menjadi salah satu daftar kelompok prioritas vaksin Covid-19. Hal ini berkaitan dengan pemberlakuan pembelajaran tatap muka di wilayah tersebut.

Maringin juga mengungkapkan kendala yang dihadapi dalam percepatan pelaksanaan vaksinaasi Covid seperti budgeting.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi, kita sudah meminjam Rp 95 juta. Untuk menggantinya nanti dari dana refocusing,” bebernya. (Kdfi)

Related posts