ForJA Abdya “Saweu Sikula” Pentingnya PHBS Dimasa Pandemi

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Forum Jurnalis Abdya (ForJA) lakukan kunjungan ke sejumlah sekolah di Aceh Barat Daya (Abdya). Jum’at (28/5). Hal ini dilakukan dalam rangka sosialisasi protokol kesehatan
untuk mencegah penyebaran Covid-19.

” Kami hadir di sini karena peduli dalam mengajak siswa dan masyarakat menggunakan masker, menerapkan pola hidup sehat, serta menjaga jarak agar terhindar dari Covid-19,” kata Ketua ForJA Alman Albert

Albert menilai pentingnya sosialisasi itu karena untuk memberi pemahaman untuk para siswa guna memutus mata rantai penularan COVID-19 serta membutuhkan kerja sama semua pihak, agar tidak ada yang menulari ataupun tertular.

“Kalau pun terpaksa harus keluar rumah, itu harus ada alasan yang jelas yang dinilai sangat penting, dan perwakilan saja dari satu rumah, jangan semuanya keluar,” katanya.

Jika keluar rumah, lanjut dia, harus dalam kondisi aman dengan menggunakan alat pelindung diri, seperti masker dan rajin mencuci tangan.

Pada kesempatan tersebut, ForJA Abdya turut membagi-bagikan masker kepada para siswa dan buku tulis.

Sosialisasi ini dilakukan di tiga sekolah kawan Abdya diantaranya SMP 1 Tangan-Tangan, Sd 3 Mata ie Blangpidie dan SMP 1 Krueng Batee.

Sementara itu pemateri dalam kegiatan tersebut Husnidar. AB.A.Md.kes menyebutkan sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran kepada siswa dan masyarakat tentang gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna mengantisipasi potensi penyebaran COVID-19.

” Pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan pendidikan penting, sebab wilayah pendidikan merupakan sarana yang paling dekat untuk mengedukasi generasi muda dalam hal kesehatan. Dari lingkungan pendidikanlah, generasi muda sehat dibentuk. 

Burni Telong Festival

Related posts