Pembekalan Penyuluh oleh Kemenag Aceh Singkil Terapkan Protkes Ketat

  • Whatsapp

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Sebanyak 80 orang penyuluh agama islam terdiri dari PNS dan Non-PNS mengikuti pembekalan dari Kementarian Agama Aceh Singkil, di Aula PLHUT pada Selasa 27 Juli 2021.

Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) yang ketat mengingat saat ini Kabupaten Aceh Singkil berada di zona merah Covid-19.

Sebelum memasuki ruangan, terhadap peserta dilakukan tes suhu, memakai masker serta tempat duduk yang berjarak. Di lokasi juga tersedia tempat cuci tangan.

Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Singkil, Hendra Sudirman, S.Sos., menjelaskan Kemenag Aceh Singkil akan terus menggaungkan moderasi beragama, salah satu upaya tahap awal ini, mengundang 80 lebih penyuluh PNS dan Non-PNS di lingkungan Kemenag Aceh Singkil untuk menerima materi  penguatan Moderasi Beragama dan Wasbang.

Dikatakannya, Pembekalan Penguatan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) sebagai salah satu Program Prioritas Kementerian Agama RI yang di tuangkan melalui program kegiatan seluruh unit kerja di bawah Kementerian Agama.

Selain itu, ujarnya, program ini sebagai bagian integral dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Para penyuluh ini mendapatkan pembinaan bahan materi dari FKUB Aceh Singkil serta dari Kodim 0109/Aceh Singkil.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Aceh Singkil, H. Saifuddin, SE., menuturkan penyuluh agama Islam, ini juga harus dapat melakukan pembinaan dan penyuluhan agama kepada masyarakat dalam rangka penguatan moderasi beragama.

Penyuluh agama yang berada di tingkat Kecamatan merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam menyampaikan pesan-pesan agama, sehingga kerukunan umat beragama dapat terjaga dan ajaran atau aliran bermasalah bisa diatasi sejak dini.  

Adapun yang menjadi Narasumber di acara tersebut, Ketua FKUB Aceh Singkil, Ust. Drs. H. Ramlan, dan Dandim 0109/Aceh Singkil, Yudho Widiharto. (Kdfi)

Related posts