Stok Vaksin di Abdya dan Bener Meriah Mulai Kosong

Ilustrasi, vaksin covid. (Foto: Trijaya)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dua daerah di Aceh mengalami kekosongan vaksin. Kedua daerah tersebut ialah Kabupaten Aceh Barat Daya dan Bener Meriah, kekosongan itu terjadi mulai hari ini, Rabu (28/7).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh dr. Iman Murahman mengatakan, saat ini stok vaksin milik Pemerintah Aceh tersisa 1000 dosis lagi. Diperkirakan akan habis dua hari lagi.

Dari data yang ia terima, beberapa daerah di Aceh juga bakal mengalami kekosongan vaksin mulai besok, Kamis (29/7), sebab hingga kini belum ada konfirmasi bahwa pemerintah pusat melakukan penambahan vaksin yang telah diajukan pihaknya.

“Dua Kabupaten itu stoknya sudah nol di Kabupaten Aceh Barat Daya dan Bener Meriah. Mungkin menyusul beberapa Kabupaten kota untuk hari ini dan besok mulai nol,” kata Iman saat ditemui di gedung Banda Aceh Convention Hall.

Dengan stok minim yang masih tersedia di gudang Dinas Kesehatan Aceh, pihaknya belum menyuplai vaksin ke daerah-daerah. Sebab, cakupan vaksin di Kota Banda Aceh serapannya cukup tinggi.

“Stok di gudang vaksin Dinkes Provinsi itu yang bisa dipakai untuk Banda Aceh Convention Hall, sisanya hanya 1000 dosis,” ujarnya.

Menurut Iman sejauh ini capaian vaksinasi di Aceh sudah mencapai 16,36 persen dari target 4 juta warga. Sementara untuk vaksinasi harian seluruh Aceh mencapai 15 ribu orang.

Pihaknya juga sudah menyurati kembali Pemerintah Pusat soal penambahan stok vaksin. Ia berharap, akhir pekan nanti stok yang diminta bisa sampai ke Aceh dan segera didistribusikan ke daerah-daerah yang sudah mengalami kekosongan vaksin.

“Mudah-mudahan dalam dua tiga hari ini pemerintah pusat akan mengirim vaksin ke Aceh. Dan kami tetap menampung berapapun yang mereka kirim dari pusat,” ucapnya.

Related posts