KSAD Minta Hapus Syarat Tes Tak Relevan di Seleksi Kowad

Kowad. (Foto: Kompas.com)

(KANALACEH.COM) – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jendral Andika Perkasa telah menginstruksikan kepada jajarannya agar tidak memberlakukan jenis tes pemeriksaan kesehatan yang dianggap tak relevan dalam perekrutan prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Hal itu terungkap dalam rapat KSAD bersama para Panglima Kodam (Pangdam) seluruh Indonesia terkait persyaratan kesehatan rekrutmen Kowad yang diunggah ke YouTube TNI AD pada 18 Juli 2021 lalu tersebut.

“Oleh karena itu ada hal-hal yang memang peserta ini harus memenuhi, tetapi ada juga hal-hal yang tidak relevan, tidak ada hubungannya, dan itu tidak lagi dilakukan pemeriksaan,” kata Andika lewat akun YouTube TNI AD yang dikutip, Senin (9/8).

Andika hanya menegaskan pemeriksaan kesehatan harus disesuaikan dengan tujuan utama rekrutmen TNI AD, yakni mengikuti pendidikan pertama dan berhubungan dengan latihan untuk melaksanakan tugas sebagai prajurit.

Oleh karena itu, ia berpesan agar pemeriksaan yang tak memiliki relevansi dengan tujuan awal rekrutmen tersebut untuk ditiadakan.

“Jadi untuk kesehatan kita fokus tidak ada lagi pemeriksaan di luar tujuan rekrutmen, seleksinya agar yang diterima bisa mengikuti pendidikan pertama, yang berarti hubungannya dengan mayoritas fisik,” kata mantan Pangkostrad tersebut.

Lebih lanjut, Andika menambahkan pemeriksaan terhadap prajurit Kowad harus sama dengan pemeriksaan kesehatan personel TNI AD berkelamin pria.

“Ada hal-hal yang tidak perlu lagi dilakukan, dan bukan tidak perlu, tidak boleh. Sekarang nggak ada hubungan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Andika juga menyampaikan syarat serupa juga dilakukan pada pengajuan pernikahan para personel TNI AD. Menurutnya, syarat pernikahan bagi personel TNI AD hanya diberlakukan syarat administrasi

“Apakah mereka sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sendiri atau belum ya biarkan saja pada mereka. Mereka ya sudah dewasa, dan manakala mereka sudah memutuskan untuk menikah,” kata dia. [CNN]

Related posts