Komite Sekolah Abdya Harus Standar Nasional

  • Whatsapp

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperkuat peran dan fungsi komite sekolah melalui pelatihan peningkatan peran serta masyarakat dalam mewujudkan mutu pendidikan di kabupaten setempat.

Dalam pelatihan itu, pihak MPD mengundang sebanyak 58 orang komite sekolah yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Abdya.

Kegiatan pelatihan yang dibuka langsung oleh Sekda Abdya, Drs Thamrin itu, berlangsung di Aula Bappeda, Senin (30/8).

Ketua MPD Abdya, Darwis menyebutkan, dilaksanakannya pelatihan penguatan peran dan fungsi komite tersebut berdasarkan hasil kunjungan pihaknya ke sekolah-sekolah dan pelaksanaan publik hearing, monitor dan evaluasi dengan masyarakat beberapa waktu lalu.

“Dari hasil publik hearing, monitor dan evaluasi yang kita lakukan, banyak kita dapati para komite sekolah tidak paham akan peran dan fungsi mereka sebagai komite,” ungkap Darwis.

Ia mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas komite sekolah terhadap kemajuan pendidikan di Abdya sesuai standar nasional.

“Kemudian kita juga menemukan di sekolah-sekolah yang tidak lengkap pengurus komitenya, ada juga yang tidak sepaham dengan kepala sekolah. Kemudian, ada juga komite sekolah yang tidak tahu tugas dan fungsinya. Oleh karena itu, melalui pelatihan ini kita berharap agar komite ini benar-benar bisa membantu pihak sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Abdya, Drs. Thamrin mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Semoga melalui kegiatan Pelatihan Komite Sekolah dalam rangka penyelenggaraan sistem Informasi Pendidikan Aceh ini ke depannya dapat menghasilkan output yang maksimal di Aceh pada umumnya dan di Kabupaten Abdya khususnya,” ujarnya.

Menurut Thamrin, dalam membangun dan meningkatkan taraf pendidikan di sebuah daerah, perlu adanya peningkatan kualitas daerah itu sendiri, termasuk peningkatan sumber daya manusianya.

“Untuk itu kami selaku Pemerintah Kabupaten Abdya sangat mendukung kegiatan pada hari ini. Secara tidak langsung kegiatan pelatihan komite sekolah ini sejalan dengan visi misi Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan memberikan dukungan maksimal terhadap pendidikan formal dan informal,” terangnya.

Seperti diketahui, tambah Thamrin, peningkatan mutu pendidikan bukanlah sebuah persoalan yang instan, untuk itu, dirinya menghimbau kepada seluruh elemen terkait agar saling bahu membahu dalam mewujudkan cita-cita bersama.

“Kami percaya dengan terus bersinergi dan berkoordinasi antara pemerintah dengan seluruh komite sekolah yang ada, Kabupaten Abdya mampu meraih mutu pendidikan yang lebih maksimal lagi,” pungkas Thamrin.

Related posts