Nakes Di Sabang Mulai Terima Vaksin Moderna

Nakes Di Sabang Mulai Terima Vaksin Moderna. (ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Sabang mulai melakukan vaksin dosis ketiga jenis moderna bagi para tenaga kesehatan (nakes).

Kepala Dinas Kesehatan Sabang, Firdiansyah mengatakan, vaksin jenis moderna buatan Amerika ini berfungsi sebagai immune booster dan merupakan penyempurnaan vaksin yang selama ini diberikan untuk melindungi tugas-tugas nakes di lapangan.

“Alhamdulilah kita sudah menerima vaksin jenis moderna yang saat ini diperuntukan untuk nakes terlebih dahulu. Kegiatan vaksin untuk nakes  sudah sejak tiga hari lalu kita lakukan, sampai saat ini belum ada kasus vaksin jenis moderna yang membahayakan. Efeknya hanya demam dan kepala terasa pusing. Itu reaksi yang biasa dari vaksin moderna dan tergantung juga dengan kondisi tubuh setiap orang, tapi ini sifatnya sementara” kata Firdiansyah, Kamis (2/9/2021).

Dijelaskannya, vaksin moderna yang telah sampai di Kota Sabang saat ini tercatat sebanyak 840 dosis atau sebanyak 60 vial, dimana satu vial bisa diberikan untuk 14 orang. Sebanyak 2 vial vaksin (28 dosis) moderna sudah diberikan kepada para nakes pada hari pertama dan ini akan terus berlanjut ke puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya di Kota Sabang.

“Tercatat, nakes yang sudah di vaksin moderna hari pertama, tanggal 30 Agustus lalu sebanyak 28 orang. Hari ini Kami menargetkan 14 orang lagi yang akan di vaksin,” terangnya.

Dia berharap para nakes dapat memahami dan menyadari akan pentingnya dosis ketiga sebagai penyempurnaan vaksin jenis moderna demi membentengi diri dan membentuk kekebalan tubuh bagi para nakes sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 di Kota Sabang.

“Setelah nanti seluruh nakes telah di vaksin jenis moderna ini, semoga akan tersedia dosis vaksin lanjutan bagi masyarakat, agar dapat segera didistribusikan secara luas dan bertahap,” harapnya.

Related posts