Pengelola Homestay Dapat Pelatihan Kelembagaan dari Pemko Sabang

  • Whatsapp
Pengelola Homestay Dapat Pelatihan Kelembagaan dari Pemko Sabang. (ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang memberikan pelatihan kelembagaan pariwisata bagi pengelolaan homestay di wilayah Pulau Weh itu, agar pelaku usaha tersebut lebih berinovasi melalui ide-ide kreatif dalam menjalankan usahanya di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang Faisal mengatakan kegiatan itu penting untuk mendorong kembali pemilik homestay agar semangat untuk menciptakan trik-trik dan strategi baru dalam menghadapi berbagai masalah yang timbul selama pandemi.

“Kita berharap, pelatihan ini bisa memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah terkait homestay pada masa pandemi dan dengan adanya pelatihan ini semoga dapat meningkatkan kualitas juga daya tarik homestay di Sabang pasca pandemi nanti,” kata Faisal seperti dilansir laman Antara, Jumat (24/9).

Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Sabang Soffa Dewi Yohanna menjelaskan bahwa pelatihan itu dalam upaya membantu pemilik homestay mengatasi masalah-masalah yang dihadapi terkait dengan pengelolaan homestay, terutama dalam masa pandemi.

“Jadi tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan, tapi juga kita mengatasi masalah-masalah terkait pengelolaan homestay di Sabang,” kata Soffa.

 Menurut dia, homestay merupakan salah satu usaha di sektor pariwisata berbasis masyarakat yang mengalami masalah cukup serius selama masa pandemi. Pasalnya, sejak diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat dengan ketat, sangat berdampak terhadap nihilnya tamu yang menginap.

Tentu, kata dia, setiap homestay memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Maka melalui pelatihan tersebut, mereka mendapatkan berbagai masukan-masukan atau solusi berbagai narasumber sesuai dengan kondisi perekonomian saat ini.

Pelatihan itu diikuti sebanyak 25 pengelola homestay di Sabang, yang berlangsung sejak 23-25 September 2021. Dengan harapan kedepan, kualitas homestay di Sabang baik dari segi pelayanan maupun kenyamanan semakin meningkat meski di tengah pandemi COVID-19.

Pada pelatihan kelembagaan pariwisata pengelolaan homestay, Dinas Pariwisata Kota Sabang menghadirkan dua pemateri yakni Ketua Homestay Kota Sabang Riza Putra Kurnia dan Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Sabang Irwan Mahdi M Tour.

Related posts