Siswi di Lhokseumawe Bergejala Usai Divaksin, Polda Aceh: Hanya Merasa Syok

  • Whatsapp
Ilustrasi, vaksin covid. (Foto: Trijaya)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy menyatakan kepolisian sudah melihat langsung kondisi terkini dari Khana Darasa Naswa (16), pelajar yang masuk rumah sakit setelah disuntik vaksin COVID-19 di SMKN 1 Lhokseumawe.

“Berdasarkan keterangan dokter, kondisi terakhir Khana Darasa Naswa baik-baik saja, namun masih perlu waktu untuk istirahat. Yang bersangkutan diketahui hanya merasa syok setelah divaksin,” kata Kombes Pol Winardy seperti dilansir laman Antara, Jumat

Terkait kejadian tersebut, kata Kombes Pol Winardy, ada beberapa fakta yang tidak bisa dinafikan, sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat untuk menerima vaksin COVID-19.

Kombes Pol Winardy menjelaskan, sebelum divaksin pelajar putri tersebut sudah menjalani pemeriksaan kesehatan hasilnya normal-normal saja. 

Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan mekanisme yang tetap dilakukan oleh petugas vaksinator kepada semua orang yang akan divaksin, kata Kombes Pol Winardy.

Kemudian setelah menerima vaksin, Khana Darasa Naswa juga diobservasi selama 30 hingga 40 menit untuk mengetahui efek yang ditimbulkan setelah disuntik vaksin COVID-19. Namun saat itu, yang bersangkutan baik-baik saja.

“Saat pemeriksaan kesehatan, yang bersangkutan sudah ditanyakan oleh petugas tentang kondisi dan riwayat penyakit. Kemudian setelah vaksin juga ada dilakukan observasi. Saya rasa, petugas vaksinator sudah bekerja sesuai dengan SOP,” sebut Kombes Pol Winardy.

Ia juga menyebutkan vaksin yang diberikan kepada masyarakat sudah lebih dulu dicek oleh BPOM, sehingga dari vaksin itu sendiri tidak ada masalah. Namun secara umum, efek samping itu tetap ada seperti nyeri di titik bekas suntikan, sakit kepala, kelelahan, dan sedikit nyeri otot.

“Efek samping saya rasa tetap ada. Dan itu umum ditimbulkan semua vaksin. Kami ikut prihatin atas kejadian tersebut. Kami berdoa, semoga pelajar putri tersebut cepat sembuh, sehingga dapat kembali belajar seperti semula,” kata Kombes Pol Winardy. (Ant)

Related posts