Serbuan Vaksinasi Kodim 0109 Sasar Warga Desa Terpencil di Aceh Singkil

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Serbuan vaksinasi Kodim 0109/Aceh Singkil di Desa terpencil Rantau Gedang, Kabupaten Aceh Singkil disambut antusias banyak warga. Program itu juga didukung dapatnya subsidi beras dari Pj Keuchik setempat.

Bantuan sembako berupa beras premium bagi bagi masing-masing warga yang telah bersedia untuk disuntik vaksinasi dan bagi yang tidak memenuhi persyaratan untuk divaksin karena penyakit tertentu yang tidak memungkinkan untuk disuntik tetap mendapatkan bagian beras, yang intinya selesai menjalani Screening.

Irwansyah Pj Kepala Desa (Kades)  Rantau Gedang Aceh Singkil mengatakan, antusias warga yang  cukup tinggi mendatangi  vaksin tersebut  kerena diadakan langsung di Kampung Rantau Gedang.

Sehinga bagi warga yang hendak di suntik vaksin tidak menunggu antrin yang begitu lama.

“Selama ini warga yang langsung mendatangi  Puskesmas Singkil untuk di suntik vaksin sering sekali habis obat dan terlambat,” ujarnya.

Untuk itu pemerintah desa Rantau Gedang bersama TNI/Polri dan elemen-elemen yang menangani vaksinasi Covid-19 ini, berinisiatif dengan cara menjemput bola, sehingga masyarakat pada saat ini cukup antusias untuk melakukan vaksin tersebut, “Kata Irwansah kepada wartawan dikonfirmasi vaksin masal berlangsung, Kemarin.

Cara jemput bola ini dilaksanakan sebagai pelayanan untuk masyarakat yang lokasi jauh dari Puskesmas Singkil.

“di laksanakan jemput bola ini untuk masyarakat pesisir yang ingin divaksin saja, lantaran jarak tempuh yang jauh,”Ujarnya.

Selain pemberian vaksin,  warga juga menerima beras berupa premium bagi warga yang telah di suntik vaksin.

“Setelah disuntik vaksin mereka mendapat bantuan 1 sak beras jenis premium, ternyata ini menjadi daya tarik mereka,”lanjutnya.

Pemerintah Desa Rantau Gedang telah menyiapkan beras premium berukuran 5 Kilogram (Kg) sebanyak 300 karung.

Dari jumlah itu total beras yang telah disalurkan kepada masyarakat yang telah di vaksin terhitung dari 6-sampai 9 Oktober 2021 sekitar 150 karungkarung berat 5 Kg.

Beras itu disalurkan per jiwa,  setiap jiwa akan diberi 1 Karung beras.

Dan bantuan beras untuk masyarakat ini disediakan bersumber dari pembiayaan anggaran PPKM dana desa (DD) Desa Rantau Gedang, “Terang Irwan.

Ditempat yang sama Komandan Kodim 0109/Aceh Singkil, Letkol Czi Yudho Widiharto, S.I.P kepada wartawan mengatakan, kegiatan Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Rantau Gedang ini telah di lakukan sosialisasi seminggu sebelumnya oleh TNI/Polri, Forkopimda dan Dinas Kesehatan Pemerintah Aceh Singkil.

Alhamdulillah kegiatan vaksinasi ini telah mencapai target mencapai 100 lebih orang.

Dan selain mendatangkan warga untuk di vaksin, Desa Rantau Gedang juga memberikan sedikit bantaun sosial barupa beras,  guna memulihkan ekonomi masyarakat, “kata Yudho.

Dikatakannya,  Vaksinasi bukan hanya digelar di Rantau Gedang saja,  tapi di Teluk Rumbia akan digelar juga.

” Vaksin akan digelar di Teluk Rumbia pada Rabu 20 September 2021 mendatang,” Katanya.

Vaksinasi Covid-19 di Rantau Gedang Aceh Singkil ini juga sekaligus rangkaian Hari ulang tahun TNI ke -76.

Namun, rangkaian HUT TNI ini bukan di Rantau Gedang saja, sebelumnya  juga digelar di Gunung Meriah dan Singkil Utara, “pungkasnya. (Kdfi)

Related posts