Eks SEMMI : Penunjukan Salman Alfarisi Sebagai Plt Sekda Sudah Tepat

  • Whatsapp

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Mantan Ketua Perwakilan Cabang (PC) Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Maswadi menilai sudah tepat Salman Alfarisi ditunjuk sebagai Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya.

Maswadi mengaku punya kajian sendiri. Dia mengatakan Salman saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten (BPKK) Abdya, diperbantukan menjadi Plt Sekda. 

Ia melihat Salman Alfarisi sudah tepat menduduki kursi Plt Sekda Abdya karena latar belakangnya paham akan tata kelola keuangan dan pemerintahan.

“Salman Alfarisi ditunjuk sebagai Plt. Sekda Abdya menggantikan Drs. Thamrin memasuki pensiun sudah tepat, dia sudah layak,” kata Maswadi, mewakili Kesatuan Mahasiswa Islam (KMI) Abdya, Senin, (18/10)

Dia menilai langkah yang dilakukan Bupati sebagaimana yang tertuang dalam SP PLT Nomor BKPSDM.875.1/453/2021 sudah tepat dan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku seperti dalam PP Nomor 58 Tahun 2009 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Sekda dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Kajiannya, tidak banyak Aparat Sipil Negara (ASN) di Abdya yang memenuhi persyaratan untuk ditunjuk sebagai Plt. Sekda seperti minimal harus Golongan IV-B dan atau sudah dua kali menduduki jabatan eleson II-B.

“Salman Alfarisi sudah memenuhi syarat-syarat jadi di mana letak kesalahan, bukannya aneh jika ada pihak yang menilai ini salah,” ucap mantan ketua BEM FEB Universitas Malikussaleh ini.

Menurutnya, secara legalistik penunjukan Salman diperbolehkan, maka tidak ada alasan para pihak melarang bupati menunjuk Salman sebagai Plt. Sekda.

Katanya, yang perlu dilakukan saat ini adalah bagaimana membangun sinergi dengan bupati dan jajaran di bawahnya, termasuk Plt. Sekda untuk menyukseskan program-program pembangunan di Abdya dalam sisa masa jabatannya.

“Apalagi, penunjukan Plt. Sekda ini bersifat sementara dan akan segera dilakukan proses lelang jabatan (open biding) yang hasil akhirnya ditentukan oleh Gubernur. Karenanya, siapapun yang merasa mampu menjadi Sekda Abdya dipersilahkan mengikuti lelang jabatan. Kita tunggu saja siapa yang akan terpilih nanti menjadi Sekda definitif Abdya”, ucapnya memungkasi.

Related posts