Aceh Ekspor Asam Sunti Hingga Pliek U ke Denmark

by danirandi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Aceh semakin giat melakukan ekspor komoditasnya yang mempunyai potensi untuk bersaing di pangsa pasar internasional.

Hal itu terlihat beberapa komoditas makanan asli Aceh sudah mendapat tempat di pangsa pasar eropa, seperti di Negara Denmark.

Adapun komoditas yang di ekspor kesana yaitu Asam Sunti, Patarana (Pliek U), Kencur, Daun Salam dan Kue Supet.

Meski pengiriman masih dalam skala kecil yaitu, secara total 57 kilogram melalui DHL Ekspress namun ekspor komoditas tersebut bisa jadi pemantik bagi pelaku usaha di Aceh untuk mau memasarkan produknya ke luar negeri.

Kegiatan pelepasan ekspor yang diinisiasi oleh Kanwil Bea Cukai Aceh ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Business Matching Hong Kong pada 7 April 2021 lalu.

Dari catatan Kanwil Bea Cukai Aceh, ekspor produk Aceh ke Denmark sudah berlangsung 6 kali pengiriman sejak bulan Juli 2021 dengan total sebanyak 324 kilogram.

“Dengan adanya kegiatan ekspor tersebut, diharapkan dapat semakin membuka potensi sumber daya alam beserta hasil olahannya yang berasal dari Aceh sebagai komoditas ekspor,” kata Kepala Bidang Humas Kantor Wilayah (DJBC) Provinsi Aceh Isnu Irwantoro dalam keterangannya, Selasa (2/11).

You may also like

1 comment

Bea Cukai Aceh Musnahkan 55 Ribu Batang Rokol Ilegal - Kanal Aceh 20 November 2021 - 11:30

[…] Baca: Aceh Ekspor Asam Sunti Hingga Pliek U ke Denmark […]

Comments are closed.