Pemko Sabang Raih Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2021 dari Kementrian LHK

Pemko Sabang Raih Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2021 dari Kementrian LHK. (ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang meraih penghargaan Nirwasita Tantra Award 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. 

Penghargaan itu diberikan kepada Wali Kota Sabang Nazaruddin atas keberhasilan dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan serta program kerja yang dapat mengurangi risiko pencemaran lingkungan secara signifikan.

“Ini merupakan capaian yang luar biasa, artinya kita sebagai kota wisata, selain indah dengan berbagai destinasi yang menarik, juga bisa menjaga kebersihan lingkungannya. Semoga kita bisa mempertahankan pencapaian ini dan bisa terus meningkatkannya, sehingga Sabang dapat menjadi kota wisata yang tidak hanya indah tapi juga bersih,” kata Nazaruddin di Kota Sabang, Sabtu (6/11).

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan Pemerintah Pusat kepada kepala daerah yang berhasil dalam kepemimpinan merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Sabang Anas Fakhruddin mengatakan apresiasi ini berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kota Sabang tahun 2020 yang merupakan salah satu indikator kinerja pengelolaan lingkungan hidup atas capaian-capaian pembangunan yang telah direncanakan dengan baik.

“DIKPLHD disusun untuk memenuhi amanat Pasal 62 ayat (2) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup yang mewajibkan Pemerintah baik di tingkat Pusat maupun Daerah untuk menyebarluaskan informasi lingkungan hidup kepada masyarakat,” katanya.

Ada empat isu prioritas dan strategi dalam DIKPLHD Kota Sabang tahun 2020 yakni alih fungsi lahan, pencemaran lingkungan (sampah, sanitasi dan limbah), keterbatasan pengelolaan sumberdaya alam (sumber air) dan bencana alam dan non alam.

“Pemko Sabang menerima penghargaan ini juga sejalan dengan ditetapkan sebagai nominasi Kab/Kota terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup. Penghargaan ini merupakan tahap awal untuk penilaian Nirwasita Tantra Award 2020 dan puncaknya nanti setiap daerah harus mempresentasikan programnya masing-masing,” katanya.

Related posts