32 Calon Pengawasan Sekolah di Abdya Mengikuti Diklat

Blangpidie (KANALACEH.COM) – 32 orang calon pengawasan mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Barat Daya (Abdya). Kamis (11/11)

Bedasarkan laporan panitia yang juga Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan, Ikhwanul Muslim, S.Pd., M.Pd mengatakan, peserta diklat berasal dari seleksi subtansi bakal calon pengawas yang telah dilaksanakan sebelumnya.

” Untuk jenjang SMP sebanyak 13 orang, dari jenjang SD sebanyak 13 orang dan dari jenjang TK sebanyak 6 orang”. Katanya

Pembukaan diklat tersebut bertempat Cabang Dinas Propinsi Aceh wilayah Aceh Barat Daya. Turut dihadiri oleh Kepala LPMP Aceh Dr. Muslihuddin, M.Pd.

“Para calon Pengawas yang didiklat hari ini harus menjadi penggerak dan agent of change (pembaharu) dalam mewujudkan percepatan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Disamping itu sambungnya, LPMP Aceh sangat konsen terhadap perkembangan pendidikan di Abdya, karena Abdya merupakan salah satu kabupaten pilot project pogram sekolah penggerak.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Barat Daya, Jauhari, mengatakan Abdya sangat membutuhkan pengawas.

Karena, jumlah pengawas yang semakin sedikit sementara jumlah sekolah yang dibina sangat banyak.

Hal ini disebabkan adanya pengawas yang memasuki masa pensiun misalnya ditingkat SD hanya terdapat 5 orang pengawas untuk 108 SD yang dibina.

“Untuk tingkat SMP juga terdapat 5 orang pengawas untuk 29 SMP yang dibina, sementara di tingkat TK belum ada pengawas selama ini.” Sebutnya

Dirinya sangat mengharapkan agar para peserta mengikuti dengan serius acara tersebut, karena tahun depan tidak ada lagi diklat dengan sistem seperti ini. Para calon kepala sekolah dan calon pengawas untuk tahun depan akan direkrut melalui  program guru penggerak.

Para calon pengawas pada diklat ini dilatih langsung oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas (LPPKSPS) melalui asesor dari LPMP Aceh.

Related posts