42 KPMG Kuala Batee Mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Sebanyak 42 peserta mengikuti pelatihan peningkatan kapasistas Kader Pemberdayaan Masyarakat Gampong (KPMG) yang dilaksanakan oleh BKAD bertempat gedung serba guna kantor Camat Kuala Batee, Abdya. Sabtu (13/11)

Camat Kuala Batee, Khairuman mengatakan, pemberdayaan masyarakat merupakan suatu upaya pengembangan kemampuan dan kemandirian masyarakat agar dapat mendaya gunakan segala potensi dan sumber daya yang ada untuk mempertahankan taraf kehidupan.

Penguatan kapasitas masyarakat memiliki makna sebagai upaya peningkatan sistem pemberdayaan masyarakat, penguatan kelembagaan atau pengorganisasian masyarakat dalam meningkatkan kemampuan warga secara individu.

” Diharapkan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) dapat mentranformasikan kemampuan dan ketrampilannya bagi anggota masyarakat gampong masing – masing”. Lanjutnya, karena KPM  mempunyai peran pokok sebagai pelopor, penggerak, pembimbing, perencana, perantara, pelaksana dan pembaharuan dalam manajemen pemberdayaan masyarakat”.

Dirinya berharap melalui pelatihan KPM, melahirkan kader-kader yang mampu menyusun rencana kerja yang transparan dan akuntabel serta dapat bekerja sama dengan pemerintah gampong.

Kegiatan ini di bagi dua kelompok dimana kader teknik berlokasi aula kantor camat sementara kader pemberdayaan berlokasi di kantor desa Kota Bahagia.

Kegiatan ini digelar selama satu hari dan di bantu oleh PA, PD, PLD dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa.

Related posts