Nazaruddin: Event Tour de Sabang Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga

by Diki Arjuna

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang menilai balap sepeda Tour de Sabang 2021 merupakan bagian dari upaya untuk memajukan sektor pariwisata pulau paling barat Indonesia itu di tengah terpuruk akibat pandemi COVID-19, sehingga pemerintah setempat sangat mendukung.

“Kita sangat mendukung event balap sepeda Tour de Sabang. Event bertaraf Internasional yang digelar di Sabang dan tentunya sangat baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi,” kata Wali Kota Sabang Nazaruddin di Sabang, Kamis.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar balap sepeda Tour de Sabang 2021 sebagai upaya promosi pariwisata daerah Pulau Weh itu, sekaligus persiapan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara sebagai tuan rumah.

“Event seperti ini sangat baik untuk meningkatkan kembali kunjungan wisatawan sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat Sabang,” kata Nazaruddin.

Pemerintah Kota Sabang sangat mendukung balap sepeda Tour de Sabang yang akan berlangsung pada 26-28 November 2021. Ia menilai event tersebut menjadi momentum untuk menyampaikan kepada dunia bahwa Sabang aman untuk dikunjungi wisatawan.

Kata dia, Sabang menyajikan berbagai objek wisata alam yang dapat dinikmati peserta perlombaan Tour de Sabang, sehingga ini menjadi bagian dari upaya promosi agar Sabang kembali menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi pasca pandemi, baik wisatawan nasional maupun mancanegara.

Apalagi saat ini kondisi penyebaran COVID-19 di wilayah Aceh juga sudah semakin membaik. Data Dinas Kesehatan Aceh menunjukkan tren kasus harian telah menunjukkan penurunan yang sangat drastis.

Hingga Kamis (18/11/2021) pasien infeksi COVID-19 di Aceh yang masih dalam perawatan tersisa sebanyak 39 orang. Begitu juga dengan kondisi di Kota Sabang yang juga semakin kondusif dari wabah pandemi COVID-19.

Oleh karenanya, kata dia, Pemerintah Kota Sabang sangat mendukung berbagai event yang diselenggarakan di Sabang, sehingga menjadi awal dari kebangkitan perekonomian Kota Sabang dari sektor pariwisata di tengah pandemi COVID-19.

“Sabang sangat membuka diri dengan event-event nasional maupun internasional. Harapan kita pandemi ini segera berakhir, dan pariwisata Sabang bisa kembali menggeliat,” katanya.

Tour de Sabang merupakan program Pemerintah Aceh yang bekerjasama dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh dalam rangka pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga, khususnya balap sepeda.

Ia juga berharap kepada semua pihak penyelenggara event Tour de Sabang dapat menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik bagi para peserta yang berkompetisi maupun panitia pelaksana.

“Kita harus hidup berdampingan dengan pandemi COVID-19. Artinya, ekonomi masyarakat jalan, penanggulangan pandemi melalui protokol kesehatan juga jalan,” katanya.

You may also like