2 Tahun Ditahan di India, Besok Nelayan Susoh Abdya Dipulangkan

  • Whatsapp
Ilustrasi. (kabarcelebes)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tiga nelayan Aceh yang berasal dari Abdya dan Bireun, akan dipulangkan ke kampung halamannya, besok Sabtu (19/11) dari Andaman, India.

Ketiga nelayan tersebut bernama Dendi Ristam, Putra Haris Munandar dan Ibnu Hajar.

Informasi yang diperoleh dari Sekjend Panglima Laot Aceh, Miftach ketiganya awalnya ditangkap oleh otoritas India karena mereka masuk dalam kawasan tersebut, pada Maret 2019.

Nama kapal yang digunakan ketiganya ialah KM.Mara Ranjau 2 (7 Gt). dan kapal tersebut awalnya berlabuh dari Ulee Lheue.

“Besok Sabtu, 3 nelayan masing-masing atas nama Dendi ristam, putra haris munandar dan ibnu hajar tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda. Ke 3 nelayan Aceh tersebut yang masing-masing berasal dari Susoh Abdya dan Jeunib Bireun,” katanya.

Miftach menyampaikan, tiga nelayan Aceh ini sebelumnya juga sempat dinyatakan hilang karena tidak ada kabar pasti tentang keberadaan mereka.

Namun, belakangan diketahui bahwa mereka ditahan pihak otoritas kelautan India di wilayah kepulauan Andaman dan Nikobar India.

“Keberadaan mereka baru ketahui pada Oktober 2019 saat adanya kunjungan tim Konsuler Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Delhi,” ujar Miftach.

Setelah itu, para nelayan ini dikabarkan mendapat hukuman penjara dari otoritas India, dan akhirnya baru dibebaskan beberapa waktu lalu, hingga segera dipulangkan ke Aceh.

Related posts