10 Pekerjaan yang Bakal Tergantikan Oleh Robot

Ilustrasi. (VOI)

(KANALACEH.COM) – Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat banyak inovasi terbaru. Salah satunya kehadiran robot dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk membantu pekerjaan.

Tak menutup kemungkinan jika di masa mendatang ada beberapa jenis pekerjaan yang bakal tergantikan oleh robot.

Mengutip laman Saviom, teknologi AI sudah banyak diadaptasi dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari alat komunikasi hingga peralatan rumah tangga.

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa transformasi AI ke dalam bentuk robot nantinya diterapkan sebagai tenaga kerja.

Robot merupakan mesin yang dibekali kemampuan untuk melakukan tugas tertentu secara otomatis dengan meniru perilaku manusia serta memberikan hasil.

Jenis Robot Pekerja

1. Pre-programmed robots
Robot ini telah diprogram supaya mengerjakan tugas-tugas sederhana. Misalnya, digunakan untuk kebutuhan industri otomotif.

2. Humanoid robots
Sesuai dengan namanya, robot ini dapat melakukan aktivitas seperti manusia. Contohnya yaitu robot Sophia dari Hanson Robotics yang diklaim sempurna untuk robot humanoid.

3. Teleoperated robots
Robot jenis berikut dapat dikendalikan manusia dari jarak jauh untuk membantu tugas manusia dalam kondisi ekstrim, seperti di kapal selam atau drone.

4. Autonomous robots
Ini adalah robot independen yang tidak perlu campur tangan manusia. Mereka mengerjakan tugas secara mandiri. Misalnya, sapu lantai atau penyedot debu.

5. Augmenting robots
Augmenting robot dapat meningkatkan kemampuan manusia sebagai pengganti bagian yang tidak efektif. Contohnya, kaki dan tangan palsu atau kerangka luar.

Pekerjaan yang Bakal Tergantikan oleh Robot

Mengutip Fortune, sejumlah pakar industri mengatakan bahwa robot dapat mengganti 40 persen pekerjaan dalam 15 tahun ke depan.

Meski begitu, robot masih belum diyakini dapat mengambil alih pekerjaan manusia secara menyeluruh kecuali sebagai asisten virtual untuk meringankan beban.

Berikut gambaran mengenai beberapa pekerjaan yang bakal tergantikan oleh robot dengan kecerdasan buatan.

1. Customer service executives
Customer service executives dinilai tak memerlukan kecerdasan sosial atau emosional yang terampil. Chatbots dengan AI diprediksi dapat mengatasi FAQ dari para pelanggan.

2. Resepsionis
Resepsionis, pramusaji, operator seluler atau telemarketer juga bisa diganti dengan robot humanoid atau smartscreen AI untuk menangani pemesanan.

3. Pekerjaan manufaktur dan farmasi
Sektor ini merupakan area paling luas di mana teknologi AI berpotensi mengambil alih pekerjaan, khususnya bagian produksi dengan kebutuhan yang banyak.

4. Ritel
Robot sangat mungkin menggantikan pekerja di bidang ritel untuk opsi pemesanan secara mandiri (self checkout) sampai metode pembayaran otomatis tanpa bantuan kasir.

5. Kurir
Jasa pengiriman barang dengan bantuan kurir juga dapat tergantikan oleh robot. Salah satu contohnya yang sudah diterapkan oleh perusahaan Amazon.

6. Analisa riset pasar
Robot berkemampuan AI diprediksi lebih popular di sektor bisnis karena dapat melakukan riset pasar dengan data komprehensif.

7. Petugas keamanan
Teknologi AI mungkin merambah ke bidang keamanan fisik untuk mengganti petugas keamanan menjadi robot kamera pengintai dengan kamera dan sensor lebih sensitif.

8. Supir taksi dan bus
Ada kemungkinan 98 persen sektor ini bertransformasi menyeluruh menjadi serba otomatis dengan kehadiran mobil self-driving.

9. Bartender
Profesi bartender dapat beralih menjadi robot AI yang sudah diprogram sebelumnya. Misalnya, mampu meracik minuman sendiri secara otomatis untuk pelanggan.

10. Teller bank
Adanya teknologi baru membuat transaksi perbankan lebih mudah termasuk via gawai, setor dan tarik tunai, sudah bisa dilakukan mandiri tanpa perlu ke bank.

Pekerjaan yang bakal tergantikan oleh robot memang dinilai praktis. Tapi hal ini bisa menjadi masalah baru, karena kemungkinan peluang kerja bagi sumber daya manusia jadi lebih kecil. [CNN]

Burni Telong Festival

Related posts