Pemko Sabang Raih Opini WTP dari Kemenkeu

Pemko Sabang Raih Opini WTP dari Kemenkeu. (ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang mendapatkan piagam pengharagaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI atas laporan keuangan pemerintah daerah 2020.

Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Aceh Syafriadi menyerahkan langsung piagam pengharagaan kepada Wali Kota Sabang Nazaruddin. Katanya, piagam itu amanah dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani untuk diberikan kepada Pemko Sabang.

“Tentu atas capaian Pemko Sabang yang telah mampu menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2020, serta telah mendapatkan audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan hasil opini tertinggi dari yaitu Opini WTP,” kata Syafriadi, Rabu (24/11).

Syafriadi mengatakan 2020 merupakan yang tahun berat, mengingat di tengah wabah pandemi COVID-19 yang terus meningkat. Menurutnya tahun 2020 cukup menghambat proyeksi dan realisasi program kegiatan, dan tentu sangat berpengaruh terhadap keuangan daerah.

Kata dia, semua masyarakat juga harus beradaptasi dan terbiasa dengan perubahan baru. Oleh karena itu pihaknya mengapresiasi Pemko Sabang yang telah menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan baik.

“Namun, Pemerintah Kota Sabang dapat bertahan dan mampu mengelola keuangan daerah dengan baik sehingga berhasil meraih anugerah penghargaan ini. Ini patut diapresiasi,” katanya.

Selain itu, kata Syafriadi, penyaluran Dana Desa di Sabang juga cukup baik hingga 22 November 2021. Secara regional penyaluran Dana Desa di Kota Sabang sudah mencapai 92,55 persen.

Sementara itu, Wali Kota Sabang Nazaruddin menyebutkan piagam penghargaan itu merupakan Opini WTP ke sembilan yang diterima Pemko Sabang secara berturut-turut. Ia mengapresiasi semua pihak  yang telah bekerja keras membantu mempertahankan opini WTP.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras atas raihan Opini WTP ini. Kami menyadari masih ada kelemahan dan kekurangan, sehingga secepatnya harus tindaklanjuti demi perbaikan kedepan,” kata Nazaruddin.

Menurut wali kota, Pemerintah Kota Sabang juga menerima masukan dan saran perbaikan untuk pembenahan. Dengan harapan akan terwujud tata kelola pemerintahan yang semakin baik.

Related posts