Masuk Kalender UCI Gran Fondo, Tour de Sabang Diharap Jadi Agenda Tahunan

Peserta event Tour de Sabang mencapai garis finis di kategori Mountain Bike (MTB), Jumat (26/11). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Event Tour de Sabang 2021 untuk kategori Mountain Bike (MTB) sudah digelar. Meski tidak masuk dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI) Gran Fondo, namun peserta antusias untuk mengikuti event tersebut.

Ketua Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh Darwati A Gani mengatakan, peserta yang mengikuti Tour de Sabang dalam ketegori MTB berasal dari Aceh dan Luar Aceh.

Meskipun banyak peminat dari Luar Negeri yang ingin mengikuti event ini, kata Darwati, terhalang oleh situasi pandemi Covid-19. Sehingga mereka mengurungkan niatnya untuk mengikuti Tour de Sabang.

“Karena kondisi pandemi juga peserta dari luar negeri terbatas datang karena hanya boleh datang dari Bandara Ngurah Rai Bali. Dan kalau datang sebagai turis harus isolasi dulu, jadi cancel peserta luar jadi hanya dari Aceh dan luar Aceh,” ujar Darwati kepada wartawan, Jumat (26/11).

Darwati berharap, event Tour de Sabang jadi agenda tahunan. Agar setiap pembalap sepeda dari luar negeri bisa menjajal jalur yang cukup menantang di Sabang.

“Ini tahun pertama, kita belajar mengikuti aturan yang ditetapkan UCI Gran Fondo. Semoga ini bisa menjadi event tahunan,” ucapnya.

Event Tour de Sabang yang digelar muali 26 – 28 November 2021 akan memanjakan pesepeda dengan keindahan alam di jalur yang bakal dilewati peserta di Pulau Weh.

Peserta akan melewati beberapa turunan dan tanjakan yang berdampingan langsung dengan laut dan pegunungan sepanjang 52 kilometer untuk menjelajah Pulau Sabang.

Dalam event ini, ada dua kategori yang bakal digelar yaitu, sepeda balap (Road Bike) dan MTB.

Burni Telong Festival

Related posts