146 Operator Siks-ng Abdya Ikuti Pemutakhiran DTKS

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Dinas Sosial Aceh barat Daya (Abdya) berikan pembekalan bagi operator siks-ng Gampong dalam rangka pelaksanaan pemutakhiran DTKS, perbaikan NIK dan Verivali data PBI-JK bidang Pemberdayaan Sosial dan PFM, Selasa (30/11). Kegiatan ini dalakukan bertempat aula Bappeda.

Kepala Dinas Sosial Yusan Sulaidi mengatakan dengan adanya kegiatan ini agar Operator SIKS-NG dapat melaksanakan verifikasi dan menginput Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Dengan aplikasi SIKS-NG, seluruh operator desa diharuskan meningkatkan wawasannya agar mudah melakukan pendataan sistem IT”. Katanya

Sebab, berdasarkan pengalaman selama ini masih ada laporan terkait penyaluran bantuan yang belum tepat sasaran.

Seperti warga yang sudah meninggal dunia ternyata masih terdata sebagai penerima bantuan, sedangkan warga miskin tidak masuk sebagai penerima bantuan, begitu juga sebaliknya warga yang sudah tidak layak justru masih menerima bantuan karena masuk dalam data penerima bantuan program pengentasan kemiskinan.

“Ketepatan sasaran menjadi penentu keberhasilan penanggulangan kemiskinan. Untuk itu data kemiskinan yang valid dan bisa dipercaya sangat penting. Sebab ini akan jadi acuan pelaksanaan program penanganan kemiskinan,”. Sebutnya

Sementara itu Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Samsuar Rustam menyebutkan, terkait dengan pemadaan atau pencocokan data NIK. Karena data NIK dalam DTKS tersebut belum sepenuhnya sempurna.

Diakuinya, dalam DKTS masih banyak ditemukan data kemiskinan yang tidak valid. Diantaranya karena perubahan data orang meninggal dunia maupun mutasi pindah tempat.

“Dengan adanya pembekalan operator siks-ng Gampong ini ada menu baru dalam aplikasi yang lebih memudahkan bagi petugas IT Desa dalam pemutakhiran data,” tegasnya.

Related posts