Lembaga Wali Nanggroe Kunker ke Sabang, Bahas Implementasi Butir-butir MoU Helsinki

by Diki Arjuna

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang menerima kunjungan kerja Tim Pembinaan dan Pengawasan Pelaksanaan MoU Helsinki dari Lembaga Wali Nanggroe dalam rangka pengumpulan data dan informasi terkait implementasi butir-butir MoU tersebut di wilayah Kota Sabang, Selasa (30/11).

Wali Kota Sabang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Sabang Rinaldi Syahputra mengatakan pemerintah kota dan seluruh jajaran menyambut baik kegiatan pengumpulan data implementasi poin-poin MoU Helsinki tersebut.

“Kunjungan ini sangat penting, karena dapat menjadi wadah interaksi dalam membahas terkait pelaksanaan implementasi poin-poin MoU Helsinki di Kota Sabang,” kata Rinaldi Syahputra.

Rinaldi mengatakan dalam kesepakatan damai MoU Helsinki terdapat sejumlah poin penting yang belum diimplementasikan, padahal proses perdamaian antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sudah berjalan selama belasan tahun.

Sejak kesepakatan MoU Helsinki diteken pada 15 Agustus 2005 lalu, Wali Nanggroe Aceh masih berharap agar Pemerintah Pusat segera menuntaskan semua butir perjanjian yang ada dalam kesepakatan tersebut.

“Melalui kegiatan ini kami berharap dapat memberikan dampak positif terhadap implementasi poin-poin MoU Helsinki di Kota Sabang,” katanya.

Dia juga meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan intansi vertikal yang ikut hadir dalam pelaksanaan kajian dan pengawasan implementasi poin-poin MoU Helsinki agar dapat memberikan data-data dan informasi yang dibutuhkan.

You may also like