Polda Aceh Tingkatkan Pengamanan Jelang Milad GAM

Silaturahmi eks GAM. (Kanal Aceh/Rand)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menjelang Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke 45 yang diperingati 4 Desember mendatang, Polisi Daerah Aceh akan meningkatkan pengamanan dan menempatkan personel di tempat-tempat yang dianggap rawan.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan, pengamanan yang dilakukan pihaknya dengan cara memploting personel di kawasan yang staretegis.

“Kita siapkan kegiatan pengamanan dan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Kita sudah mem-ploting anggota untuk melakukan pengamanan di tempat-tempat strategis dan rawan,” kata Winardy kepada wartawan, Kamis, 2 Desember 2021.

Pihaknya juga bakal melakukan penyekatan di pintu masuk Banda Aceh untuk menghindari adanya lonjakan massa yang ingin merayakan Milad GAM.

Polda Aceh mengimbau agar warga dalam merayakan Milad GAM tidak euphoria berlebihan dan tidak melakukan tindakan yang kontra-produktif.

“Kita imbau masyarakat jangan euforia berlebihan sehingga melakukan tindakan kontraproduktif,” ucapnya.

Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar mengingatkan semua warga Aceh untuk memperingati Milad GAM dengan cara berdoa, bersyukur dan berziarah ke makam-makam para pejuang. Jika ada yang mengusik damai di Aceh, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk ditangani dengan baik.

“Saya sudah bicarakan, berdoa di tempat-tempat yang telah ditentukan, yang penting berdoa kepada Allah, bersyukur, kalau ada yang lebih pada itu mungkin ada penumpang gelap,” kata Malik Mahmud.

Ia menegaskan, terkait butir-butir MoU Helsinki yang belum selesai, pihaknya tengah mendorong agar Pemerintah Pusat segera merealisasikan hal tersebut.

Related posts