AJI Lhokseumawe dan PHE Gelar Edukasi Hulu Migas Bagi Jurnalis Aceh

AJI Lhokseumawe dan PHE Gelar Edukasi Hulu Migas Bagi Jurnalis Aceh. (IST)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe bekerja sama dengan SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mengadakan kegiatan Edukasi Hulu Migas Bagi Jurnalis Aceh, di Aceh Tengah, Sabtu-Minggu (18-19/12/2021).

Ketua panitia Mulyadi mengatakan kegiatan ini diikuti sekitar 70 jurnalis dari Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, dan Aceh Tengah. Edukasi dilaksanakan di Grand Renggali Hotel, sedangkan penginapan peserta di lokasi wisata Ujung Mepar, tepi Danau Lut Tawar.

“Dengan demikian, para jurnalis yang menjadi peserta kegiatan ini tidak hanya mendapatkan wawasan baru terkait perkembangan industri hulu migas, tapi juga menjalin silaturahmi sambil menikmati suasana kamping,” kata Mulyadi yang juga Ketua Divisi Pendidikan AJI Lhokseumawe.

Edukasi dan diskusi tersebut dibuka Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut, Yanin Kholison. Dengan mengikuti kegiatan edukasi ini, ia berharap para jurnalis di Aceh memperoleh informasi dan pengetahuan baru tentang industri hulu migas.

Yanin menilai lokasi kegiatan ini cukup menarik sehingga para wartawan bisa berdiskusi panjang lebar sambil menikmati suasana sejuk dan pemandangan alam sangat indah di Aceh Tengah. “Mudah-mudahan edukasi sambil silaturahmi ini memberikan pemahaman tentang hulu migas dan terjalin hubungan yang erat antara pekerja hulu migas dengan media ,” ujarnya.

Wahyu Pribadi Utomo sebagai perwakilan External Comunications & Stakeholder Relations Subholding Upstream Pertamina dalam sambutannya mengatakan selama ini para wartawan di Aceh tentunya sudah memiliki pengetahuan tentang hulu migas.

“Dalam kesempatan ini mungkin kita dapat berdiskusi lagi mengenai perubahan-perubahan yang terjadi di dalam pertambangan, terutama kegiatan hulu migas baik ekplorasi, eksploitasi dan produksi. Selain itu nanti juga diperdalam dengan ilmu tentang kegiatan pengeboran yang kami harapkan dapat menambah pengetahuan para wartawan di Aceh,” tutur Wahyu.

Hal sama disampaikan Dirasani Thaib mewakili Field Manager PHE. “Yang paling penting dari kegiatan edukasi ini adalah silaturahmi sambil berbagi informasi dan pengetahuan,” ucapnya.

Turut hadir Suhendra Atmaja dari Divisi Prokom SKK Migas dan Fawaid dari Tim Departemen Humas SKK Migas Sumbagut.

Sementara itu, Head of Comunication Relations & CID Zona I Regional I, Djulianto Tasmat, yang tampil sebagai narasumber sesi pertama memaparkan gambaran tentang kondisi dan wilayah kerja Pertamina saat ini.

Sesi kedua, Drilling Project Coordinator Subsea PHE NSO, Lutfy Faluthi Firdaus, menjelaskan secara detail tahapan eksplorasi hingga pengeboran sumur migas onshore dan offshore.

Sesi ketiga, Ayi Jufridar, wartawan senior di Aceh berbagi pengetahuan menyangkut tantangan liputan isu migas.

Terakhir, Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut, Yanin Kholison, tampil mengisi materi menyangkut update kegiatan hulu migas offshore diatas 12 mil laut di Aceh.

Related posts