Penguhujung 2021, Pemkab Aceh Singkil Gelar Seminar Bernilai 500 Juta

by Khadafi

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kegiatan seremoni bernilai fantastis, lebih kurang Rp 500 juta rupiah.

Seremoni bertajuk seminar syekh abdurrauf as-singkily ini digelar selama tiga hari mulai dari tanggal 20-22 Desember 2021 di Gedung Seni Budaya Pulo Sarok Singkil.

Melibatkan setidaknya 80 orang peserta lintas sektor dan 5 narasumber. Para peserta mendapat fasilitas menginap di hotel Island, uang saku dan lainnya.

Ketua Panitia Samsul Fajri saat dikonfirmasi usai seminar mengatakan, anggaran kegiatan tersebut lebih kurang Rp 500 juta. Anggaran itu bersumber dari dana DOKA tahun 2021 yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil.

Fajri menyebut, setidaknya beberapa rekomendasi dihasilkan dari seminar tersebut. Diantaranya menjadikan syekh abdurrauf menjadi pahlawan nasional.

“Namun untuk menjadikannya sebagai pahlawan nasional, perlu diselenggarakan seminar bertaraf internasional,” katanya, Rabu (22/12).

Kemudian merealisasikan pembangunan museum syekh abdurrauf, mengumpulkan karya syekh abdurrauf yang kemudian dituangkan dalam diktat sebagai referensi bacaan anak-anak disekolah.

Fajri mengungkapkan dari 80 orang peserta yang hadir diantaranya dari akademisi, anggota dewan, pegiat sejarah, budayawan, seniman dan pemuda.

Sementara ada lima narasumber kompeten diantaranya Drs. H. Muadz Vohry, MM, Dr. H. Damanhuri Basyir, MA, Dr. Misbah Limbong, M. Ag, Prof. DR. Misri A Muchsin, M. Ag dan Prof. DR. Husaini Ibrahim.

“Satu orang narasumber lokal, dua orang dari kampus USK Banda Aceh dan dua orang dari UIN Ar-raniry Banda Aceh,” sebutnya. (Kdfi)

You may also like