Ridwan Kamil Boyong MUI Jabar ke Aceh Untuk Belajar Aturan Pesantren

Ridwan Kamil Boyong MUI Jabar ke Aceh Untuk Belajar Aturan Pesantren. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh  untuk belajar tentang penerapan aturan tentang dayah atau pesantren. Ia juga membawa sejumlah pengurus MUI Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya ingin mengadopsi aturan pengelolaan pesantren yang ada di Aceh, tentunya sesuai kearifan lokal di Jawa Barat.

“Maksudnya kami mau belajar (datang ke MPU Aceh), jadi kami sedang mempersiapkan peraturan untuk pesantren,” ujar Ridwan Kamil usai menggelar pertemuan dengan MPU Aceh, Minggu (26/12).

Selain belajar, Pemprov Jawa Barat juga ingin mengetahui program-program yang mensinkronkan kebijakan Gubernur, Bupati dan Wali Kota terhadap kemajuan, keberlangsungan serta kemaslahatan pesantren di Aceh.

“Itu kenapa saya sampaikan kepada Ketua MUI Jawa Barat mumpung saya diundang peringatan tsunami, kita ikut ke Banda Aceh untuk mempelajari ini (tentang aturan pesantren),” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Ia berharap niat baik mereka untuk belajar tersebut dapat diterima dengan baik oleh MPU Aceh. Apalagi yang dilakukan ini salah satu upaya melaksanakan hablumminannas, saling memuliakan dan melengkapi.

Menurut Kang Emil, pembelajaran ini penting mengingat penduduk di Jawa Barat kurang lebih mencapai 50 juta jiwa. Masyarakat tidak hanya mengejar dunia saja, tetapi juga mempersiapkan bekal untuk akhirat nanti.

“Kami juga harus juara dalam dakwah dan spiritualitasnya,” kata dia.

Usai pertemuan Pemerintah Jawa Barat juga menyumbangkan bantuan sebesar Rp100 juta untuk kegiatan dakwah di MPU Aceh.

Related posts