Baru Dibangun, Talud Senilai Puluhan Juta di Abdya Ambruk

by Jimi Pratama

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Talud penahanan jalan yang menghubungkan Gampong Kuta Bak Drien – Blangpadang, Kecamatan Tangan – tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang baru di kerjakan kini kondisinya roboh.

Menurut informasi yang dihimpun, pembangunan talud penahanan jalan tersebut dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten Perubahan (APBK-P) tahun 2021 senilai Rp. 79 juta.

Salah seorang warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya menyatakan, bahwa masyarakat disekitar lokasi merasa aneh denga jebolnya talud tersebut. Pasalnya, belum sampai setahun talud tersebut sudah roboh.

“Kan aneh, baru saja dibangun talud ini sudah amblas, jadi wajar kita meragukan kualitas bangunan ini,” ungkapnya, Rabu (26/1).

Sementara itu, rekanan proyek itu yang sering disapa Anas membenarkan bahwa talud yang baru saja dikerjakan oleh pihak itu kini roboh. Anas menyatakan, amblas talud tersebut disebabkan karena faktor alam.

“Ia benar, talud yang roboh kurang lebih 30 meter. Talud ini roboh karena diterjang air, apalagi di daerah airnya sudah seperti muara,” ungkapnya, Rabu (26/1).

Meskipun begitu, kata Anas, pihaknya juga akan kembali melakukan perbaikan atas kerusakan talud tersebut. Sebab, kata dia, sampai saat ini bangunan tersebut masih ada tahap pemeliharaan.

“Sekarang kita sedang melakukan pengerjaan kembali untuk memperbaiki talud yang jebol, karena masih dalam masa tahap pemeliharaan, akan tetapi sekali lagi saya sampaikan bahwa ini murni karena diterjang banjir,”.

You may also like