USK Kembali Terapkan Kuliah Secara Daring Usai 60 Mahasiswa Terpapar Covid

ILUSTRASI.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – 60 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh terpapar Covid-19, sehingga kampus tersebut menerapkan perkuliahan secara daring hingga 20 Februari mendatang.

Rektor USK Prof Samsul Rizal mengatakan hal itu diketahui saat adanya laporan bahwa salah seorang mahasiswa yang tinggal diasrama terpapar Covid-19. Setelah dilakukan tracing dan tes swab ke seluruh penghuni asrama, 60 diantaranya positif.

“Dari 102 orang mahasiswa yang kita tracing di asrama, hasilnya 60 orang positif Covid dengan kasus bergejala dan tidak bergejala,” kata Samsul saat dikonfirmasi, Rabu (9/2).

Saat ini semua mahasiswa yang positif tersebut, sudah dikarantina di asrama mahasiswa dengan blok terpisah. Tim kesehatan USK juga terus memantau kondisi kesehatan mereka.

Menyikapi perkembangan tersebut, USK telah menetapkan beberapa kebijakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus.

Kebijakan tersebut di antaranya perkuliahan dan seminar/sejenisnya dialihkan sepenuhnya secara daring. “Ini adalah upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Saya memahami ini tidaklah mudah, tapi keputusan ini adalah untuk kesehatan dan keselamatan kita bersama,” ujarnya.

Adapun kebijakan lainnya terkait hal ini kegiatan praktikum/skill lab/penelitian lab/sejenisnya, dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dan kapasitas 50 persen.

Lalu, USK juga membatasi kehadiran tenaga kependidikannya maksimal 75 persen. Semua kegiatan kemahasiswaan di luar kampus juga tidak diizinkan sementara. Sedangkan kegiatan di dalam kampus, masih dapat dilaksanakan jika dilakukan secara daring.

“Keputusan ini berlaku sampai tanggal 20 Februari 2022, dan dievaluasi sesuai dengan perkembangan kasus Covid-19,” ujarnya.

Related posts