TNI AL Evakuasi Nelayan yang Ditabrak Kapal Tanker di Perairan Aceh Timur

TNI AL Evakuasi Nelayan yang Ditabrak Kapal Tanker di Perairan Aceh Timur. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kapal nelayan KM Sumber Kharisma asal Belawan, Sumatera Utara (Sumut), yang ditumpangi sembilan ABK diduga ditabrak kapal tanker di sekitar perairan laut Kabupaten Aceh Timur. Mereka terpaksa menceburkan diri ke laut karena bagian belakang kapal yang ditabrak mengalami kebocoran.

Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, mengatakan kapal nelayan itu ditabrak kapal tanker sekitar pukul 05.00 WIB, Minggu (27/2), saat melego Jangkar di perairan Ujong Peureulak, sekitar 16 mil dari daratan Aceh Timur.

“Kapal itu mengalami retak dan bocor di bagian belakang. Kemudian awak kapal mencoba menjalankan kapal menuju daratan, namun kapal itu mengalami mati mesin lalu tenggelam,” kata Dian Suryansyah seperti dilansir laman merdeka, Senin (28/2).

Dian Suryansyah menjelaskan, melihat kapal tenggelam, para ABK menyelamatkan diri dengan cara melompat ke laut. Selang berapa waktu kemudian, seorang nelayan Aceh Timur bernama Hasbi yang melintas di dekat situ, menyelamatkan nelayan Sumatera Utara itu.

Namun nahas, karena cuaca buruk, kemudi kapal milik Hasbi rusak. Mereka terombang-ambing di lautan sebelum akhirnya ditolong TNI Angkatan Laut dari Pos AL Idi Rayeuk.

“Alhamdulillah, mereka semua berhasil kita selamatkan ke daratan,” ujar Dian Suryansyah.

Adapun sembilan nelayan asal Sumatera Utara itu masing-masing; Maraluddin Nasution (51), Likik (48), Ridwan Nasution (32), Parluhutan Harahap (24), Sumarsono (62), Andy Baramuli Saragih (23), Hotmauli Nababan (36) Kusmayadi (38), dan Deni Saputra (28).

Related posts