Hasil Pemilihan Keuchik di Desa Ladang Neubok Abdya Draw

by Jimi Pratama

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Perolehan suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di
Desa Ladang Neubok kecamatan Jeumpa Aceh Barat Daya (Abdya), menghasilkan dua pasangan calon yang perolehan suaranya imbang/draw. Selasa (22/3)

Dimana dari empat pasang calon yang bertarung pada Pilkades Serentak Desa Ladang Neubok ada dua pasang yang jumlah suaranya imbang yaitu calon nomor urut 1 M. Said dengan jumlah suara 206 dan Muhammad Nazar jumlah suara 206.

Kabag Pemerintahan Setdakab Abdya Reza Kamarullah mengatakan, kepada calon keuchik yang memperoleh hasil imbang maka akan dilakukan pemilihan ulang.

” Nanti akan dilakukan pemilihan ulang oleh Tuha Pheut dan KPPS nya yang penting P2K harus melaporkan dulu ke Tuha Pheut khusus untuk kandidat yang perolehan suaranya sama”. Katanya

Bedasarkan pasal 36 jika terdapat lebih dari satu (1) calon keuchik memperoleh suara terbanyak yang sama, P2K akan mengadakan pemilihan ulang.

Sementara itu waktu pelaksanaan pemilihan ulang sebagaimana dimaksud dalam pasal 35 ayat (2) ditetapkan oleh P2K paling lama 7 (tujuh) hari sejak hari pemilihan.

Pemilih ulang sebagaimana dimaksudbdalam pasal 35 ayat (2) hanya diikuti oleh calon calon yang memperoleh suara terbanyak yang sama.

Calon keuchik yang memperoleh suara terbanyak pada pemilihan ulang sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan sebagai calon terpilih.

Dalam hal calon keuchik yang memperoleh jumlah suara yang sama pada pemilihan ulang, maka calon keuchik yang terpilih ditetapkan melalui musyawarah Tuha Peut.

Dalam hal musyawarah Tuha Pheut tidak mencapai kesepakatan, maka kedua calon keuchik disampaikan kepada bupati/wali kota melalui camat untuk ditetapkan salah seorang sebagai Keuchik.

Hasil perolehan suara pemilihan keuchik Desa Ladang Neubok :

1. M. Said perolehan suara 206
2. Muhammad Nazar 206 suara
3. Nazaruddin 19 suara
4. Musa 109.

You may also like