Alquran Ungkap Watak Manusia yang Ingkar

ilustrasi. (net)

(KANALACEH.COM) – Alquran melalui Surah Al-Hijr Ayat 2 menjelaskan bahwa orang-orang kafir di akhirat nanti menyesal tidak menjadi Muslim sewaktu hidup di dunia.

Dijelaskan dalam tafsir ayat ini bahwa orang-orang kafir menyesali perbuatannya dan berangan-angan kembali ke dunia untuk menjadi Muslim yang baik ketika hidup di dunia.

رُبَمَا يَوَدُّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَوْ كَانُوْا مُسْلِمِيْنَ

Orang kafir itu kadang-kadang (nanti di akhirat) menginginkan, sekiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang Muslim. (QS Al-Hijr: 2)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, dijelaskan bahwa ayat ini merupakan peringatan Allah SWT kepada orang-orang kafir dengan menerangkan kepada mereka bahwa di akhirat nanti di saat mereka merasakan beratnya siksa neraka, mereka menyesal atas perbuatan dan tindakan mengingkari Tuhan yang Maha Kuasa selama hidup di dunia.

Seandainya mereka mengikuti seruan Rasul, melaksanakan perintah-perintah Allah, meninggalkan larangan-larangan-Nya, dan beribadah dengan tunduk dan patuh kepada-Nya, tentulah mereka tidak akan diazab seperti yang mereka alami pada hari itu.

Seandainya mereka (orang kafir) berbuat sebaliknya, tentulah mereka akan dimasukkan Allah ke dalam surga yang penuh kenikmatan seperti yang dialami oleh orang-orang Muslim pada saat itu. Akan tetapi pada waktu itu, semua penyesalan mereka tidak ada lagi gunanya.

Allah SWT telah menetapkan keputusan-Nya yang tidak dapat diubah lagi, kecuali jika kekuasaan-Nya menghendaki yang lain.

Dalam suatu hadits diterangkan saat-saat penyesalan mereka. Dari Abu Musa semoga Allah meridhoinya, ia berkata: Rasulullah SAW berkata, apabila telah berkumpul penghuni neraka dan beserta mereka ada orang yang dikehendaki Allah dari ahli kiblat (orang yang Mukmin). Orang kafir berkata kepada orang-orang Islam: Bukankah kamu sekalian dahulu orang-orang Islam.

Orang Islam berkata: Benar. Mereka berkata: Tidaklah berfaedah bagimu agama Islam yang kamu anut dahulu, sehingga kamu dikumpulkan bersama kami di neraka ini?

Orang-orang Islam berkata: Kami telah mengerjakan perbuatan dosa, maka kami diazab karenanya. [Republika]

Related posts