Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi II Ditargetkan Beroperasi saat Mudik

Jalan tol Sibanceh. (Foto: dani randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – PT Hutama Karya (HK) menyatakan jalan Tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) seksi II ditargetkan bisa beroperasi untuk perjalanan mudik Idul Fitri 1443 Hijriah. Namun, operasional jalan tol itu masih menunggu instruksi pengoperasian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Insya Allah seksi 2 ini, kita usahakan bisa melayani pengguna jalan pada Lebaran nanti,” kata Branch Manajer Ruas Tol Sibanceh PT Hutama Karya Jarot Seno Wibawa di Banda Aceh, Senin (18/4).

Ia menjelaskan ruas jalan tol Sibanceh seksi II menghubungkan Seulimum-Jantho dengan jarak 6 kilometer. Ruas ini sudah memiliki surat keputusan pengoperasian dari Kementerian PUPR.

Selain ruas tol yang sudah siap untuk beroperasi, HK juga telah menyiapkan petugas serta sarana dan prasarana. PT Hutama Karya telah mengajukan tanggal pengoperasian ruas seksi 2 tersebut kepada Kementerian PUPR, namun kini masih harus menunggu instruksi pengoperasian.

“Begitu ada instruksi untuk operasional nanti langsung kita operasi. Kita sudah lapor untuk tanggal pengoperasian, cuma belum ada tanggapan dari Kementerian PUPR,” kata Jarot.

Apabila ruas tol seksi 2 mulai beroperasi, maka total ruas Tol Sibanceh yang telah rampung dan beroperasi meliputi tiga seksi, yakni seksi II Seulimum-Jantho, seksi III Jantho-Indrapuri dan seksi IV Indrapuri-Blang Bintang, dengan total jarak 36 kilometer.

Jarot, selama ini Ruas Tol Jantho, Indrapuri, dan Blang Bintang secara konektivitas masih belum maksimal. Sebab, ruas Jantho dan Blang Bintang jauh dari jalan lintas nasional.

“Insya Allah kalau seksi 2, gerbang Seulimum ini cukup dekat dengan jalan lintas. Kita berharap pengguna akan tertarik untuk masuk dan memanfaatkan jalan tol untuk mempermudah, mempercepat transportasi para pengguna jalan,” katanya.

Sedangkan seksi 5 dan seksi 6 sedang dalam proses pengerjaan, ditargetkan selesai fisik pada pertengahan tahun ini. Seksi 1 ditargetkan rampung pada akhir 2022. Tol Sibanceh secara keseluruhan nantinya akan dilengkapi dengan tujuh Gerbang Tol dan enam Simpang Susun atau interchange.

Selain itu, tol sepanjang 74 km ini akan memiliki dua buah Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area Tipe A yang terletak di seksi 3 (Jantho – Indrapuri) KM 37 dan seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) KM 54. (ANTARA)

Related posts