Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat pada H-7 Lebaran

Puncak arus balik di Aceh diprediksi Sabtu-Minggu
ilustrasi. (merdeka.com)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ditlantas Polda Aceh memprediksi bakal terjadi peningkatan jumlah pemudik lewat jalur darat pada H-7 lebaran. Hal itu setelah pemerintah memberikan kelonggaran bagi mereka yang ingin pulang kampung.

Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, saat ini para pemudik sudah mulai terpantau ramai di sejumlah terminal bus di Banda Aceh.

Namun, belum ada peningkatan yang signifikan. Ia memperkirakan akan meningkat lagi memasuki sepekan sebelum lebaran.

“Kita prediksi H-7 sebelum Idul Fitri akan terjadi lonjakan penumpang,” ujar Dicky saat dikonfirmasi, Jumat (22/4).

Meningkatnya arus mudik itu, kata dia dikarenakan tak ada lagi larangan serta penyekatan seperti tahun sebelumnya. Sehingga warga bisa bebas masuk atau keluar daerah.

“Ini kan tidak ada lagi larangan dan penyekatan, semua bisa masuk Aceh. Saat ini situasi masih aman dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPD Organda Aceh, Ramli mengatakan, biasanya dari terminal bus, peningkatan arus mudik bakal terjadi H-7 lebaran. Itu terlihat dari warga yang sudah banyak memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Rata-rata penumpang dari terminal Bus Batoh, Banda Aceh mereka yang ingin mudik ke kampung halaman di Sumatera Utara dan daerah Aceh lainnya.

Related posts