Harga Tiket Pesawat Jakarta-Aceh Capai Rp 9,6 juta, Gubernur Surati Presiden

by danirandi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menyikapi lonjakan harga tiket pesawat dari Jakarta ke Aceh, terutama menjelang Idul Fitri 1443 H, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyurati beberapa maskapai penerbangan hingga langsung ke Presiden RI, Joko Widodo.

Langkah itu dilakukan terkait tingginya harga tiket pesawat untuk penerbangan dari Ibu Kota Jakarta ke Aceh, termasuk selama momentum mudik lebaran tahun ini.

Dari penelusuran di aplikasi Traveloka pada Kamis (28/4) pukul 13:00 WIB misalnya, harga tiket untuk keberangkatan tanggal 29 dan 30 April, harga tiket pesawat maskapai Batik Air dan Wings Air dari Jakarta ke Aceh mencapai Rp 9,6 juta.

Kemudian di tanggal 1 Mei, harga tiket pesawat sedikit menurun menjadi Rp 6,7 juta. Hal serupa juga terjadi di aplikasi seperti Tiket.com dan Agoda.

Harga itu berbanding terbalik jika melakukan penerbangan dari Banda Aceh ke Jakarta. Harga tiket di tanggal 29 dan 30 April hanya Rp 2,2 juta menggunakan maskapai Batik dan Lion Air.

Menyikapi tingginya harga jual tiket pesawat itu Gubernur Aceh sebelumnya sudah menyurati Presiden Joko Widodo dan Menteri Perhubungan RI untuk meminta dilakukan evaluasi tarif penerbangan rute Banda Aceh – Medan yang hanya dilayani satu maskapai, yakni Wings Air. Kemudian, harga tiket dari Jakarta – Banda Aceh mendekati lebaran saat ini.

“Dari informasi yang kami dapatkan dari Kementerian Perhubungan, selain lonjakan penumpang jelang lebaran, harga avtur pesawat juga berdampak terhadap kenaikan harga tiket penumpang,” kata Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA dalam keterangannya, Kamis (28/4).

Poin penting lainnya dari surat tersebut, kata dia ialah Pemerintah Aceh meminta agar adanya penambahan maskapai penerbangan ke Aceh.

“Selain intervensi kementerian terkait lonjakan harga, hal terpenting lainnya adalah sesegera mungkin adanya penambahan maskapai yang beroperasi di Aceh,” ujar MTA.

You may also like