1.568 Jamaah Haji Aceh Sudah Tiba di Madinah

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Hingga hari ini, Sabtu (18/6) sebanyak 1.568 jamaah haji asal Aceh telah tiba di Madinah. Kesemua jamaah tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) satu, dua, tiga dan empat yang diberangkatkan dari Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

“Dengan tibanya kloter keempat di Madinah, berarti sudah 1.568 jamaah haji Aceh yang sudah berada di Arab Saudi. Itu sudah termasuk jemaah kloter satu, dua dan tiga yang sudah tiba lebih dulu,” kata Koordinator Humas dan Penerangan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Tajri bin Yakub.

1.568 jamaah tersebut masing-masing 392 jemaah dari kloter BTJ-01, 390 dari kloter BTJ-02, 393 dari kloter BTJ-03 dan 393 jamaah kloter BTJ-04.

Sebelumnya, PPIH Embarkasi Banda Aceh telah memberangkatkan 1.569 jamaah haji ke Madinah, tetapi satu jemaah dari kloter BTJ-01 meninggal dunia dalam pesawat menjelang landing di bandara AMAA (Amir Muhammad bin Abdul Aziz), 15 Juni 2022, jam 04.37 WAS atas nama Muslim bin Abdul Wahab Salam dari Pidie Jaya.

Selama di Madinah para jamaah akan melaksanakan salat arbain. Arbain adalah melaksanakan salat fardu sebanyak 40 kali di Masjid Nabawi Madinah, secara berjamaah berturut-turut tanpa terputus.

Arbain biasanya dimulai pada waktu salat pertama sejak kedatangan dari Bandara AMAA Madinah ke pemondokan di sekitar Masjid Nabawi.

Selain melaksanakan arbain, jamaah haji juga melakukan beberapa kegiatan lain seperti melakukan ziarah ke makam Rasullulah saw dan tempat-tempat bersejarah yang ada di kota Madinah, seperti Masjid Kuba, Jabal Uhud, Raudhah, Maqbarah (pemakaman) Baqi, Masjid Qiblatain, Museum Hejaz Railway, dan lain-lain

Setelah itu, para jamaah akan diberangkatkan ke Mekah untuk melaksanakan umrah wajib. “Dari Madinah, jamaah haji akan melaksanakan umrah wajib dengan mengambil miqat di Zulhulaifah atau yang biasa disebut dengan Bir Ali,” katanya.

Sementara itu, kloter BTJ-05 dan BTJ-06 tidak lagi diberangkatkan ke Madinah, tetapi ke bandar udara internasional King Abdul Aziz (JED), Jeddah.

“Jamaah kloter lima dan enam tidak lagi diberangkatkan Madinah, tapi ke Jeddah. Nanti setelah selesai ibadah di Mekah mereka diberangkatkan ke Madinah,” ujar Tajri.

Related posts